Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Kepadatan, Jasa Marga Tutup Rest Area di Tol Jakarta-Cikampek

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai langkah mitigasi untuk mencegah kepadatan lalu lintas pada libur panjang Maulid Nabi, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT), bakal melakukan beberapa rekayasa lalu lintas.

Salah satunya dengan cara menutup beberapa tempat peristirahatan yang berada di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Penutupan sementara rest area yang dimaksud adalah pada Km 50A dan Km 52B.

Adapun jadwal penutupan rest area akan dilakukan mengikuti prediksi kepadatan volume lalu lintas sebelumnya, yakni ;

1. Rest area 50A : dimulai pada 27 Oktober 2020 pukul 16.00 WIW sampai 28 Oktober 2020 pukul 16.00 WIB.

2. Rest area 52B : dimulai pada 1 November 2020 pukul 08.00 WIB sampai 2 November 2020 pukul 08.00 WIB.

"Namun di luar dari jadwal tersebut, petugas operasional akan melakukan buka-tutup secara situasional atau sesuai diskresi dari kepolisian," kata General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati, dalam keterangan resminya, Senin (26/10/2020).

Tak hanya itu, untuk memastikan informasi diterima dengan baik, Jasa Marga juga melakukan sosialisasi penutupan dengan variable message sign (VMS) di ruas tol Jakarta-Cikampek pada kedua arahnya.

Pembatasan

Sebelumnya, Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Developement Group Head Jasa Marga, mengimbau masyarakat untuk menghidari perjalanan pada waktu puncak kepadatan terjadi.

Heru juga mengingatkan bila akan pembatasan kapasitas parkir pada rest area sebesar 50 persen. Langkah ini diambil untuk mencegah kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan physical distancing.

Jasa Marga akan menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan serta bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan rekayasa buka tutup pada rest area ketika terjadi antrean. Karena itu, Heru meningatkan agar masyarakat memiliki persiapan yang matang, terutama terkait perbakalan dan kondisi bahan bakar.

"Kami mohon komitmen pengguna jalan untuk dapat disiplin protokol kesehatan. Bawa bekal dari rumah dan pastikan BBM terisi penuh sebelum melakukan perjalanan," ucap Heru.

"Jika harus mampir ke rest area untuk istirahat, kami imbau tetap menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak, serta usahakan untuk memilih take away makanan dibandingkan makan di tempat, membawa peralatan ibadah pribadi dan tak perlu berlama-lama di rest area," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/27/070200315/cegah-kepadatan-jasa-marga-tutup-rest-area-di-tol-jakarta-cikampek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke