Pengunjung Rest Area Akan Dibatasi pada Masa Libur Panjang

Kompas.com - 26/10/2020, 15:27 WIB
Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest area Jasa MargaParkiran mobil terapkan physical distancing di rest area
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 H, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi akan adanya peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta.

Corporate Communication & Community Developement Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, prediksi puncak arus mudik akan jatuh pada Rabu (28/10/2020). Sementara itu, arus balik pada 1 November 2020.

Prediksi tersebut sama seperti yang telah diperkirakan Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas, Heru meminta masyarakat pengguna jalan agar menghindari waktu puncak volume lalu lintas untuk keamanan dan kenyamanan.

"Khusus pada layanan di tempat istrirahat, Jasa Marga mengoptimalkan layanan di berbagai fasilitas yang tersedia dengan penerapan physical distancing melalui pembatasan pengunjung dan kapasitas parkir maksimum 50 persen sebagai pencegahan penyebaran Covid-19," ujar Heru dalam keterangan resminya, Senin (26/10/2020).

Baca juga: Operasi Zebra 2020 Dimulai, Ini Jenis Pelanggaran yang Diincar

Kendaraan pemudik memadati jalur tol Palikanci, Tegalkarang, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). Pada puncak balik H+4 Lebaran 2019, jalur tol Palimanan-Kanci (Palikanci) mengalami peningkatan volume kendaraan pemudik menuju Jakarta.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Kendaraan pemudik memadati jalur tol Palikanci, Tegalkarang, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). Pada puncak balik H+4 Lebaran 2019, jalur tol Palimanan-Kanci (Palikanci) mengalami peningkatan volume kendaraan pemudik menuju Jakarta.

Jasa Marga juga akan menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan serta bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas, yakni buka tutup rest area ketika terjadi antrean kendaraan.

Lebih lanjut, Heru meminta pengguna jalan tol untuk tetap patuh dan taat pada protokol kesehatan di mana pun berada. Disarankan masyarakat yang akan melakukan perjalanan untuk membawa bekal dari rumah serta memastikan bahan bakar kendaraannya terisi penuh.

Baca juga: Bakal Ada Random Check Protokol Kesehatan di Jalan Saat Libur Panjang

"Jika harus mampir ke rest area untuk istirahat, kami imbau untuk tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan jaga jarak. Baiknya memilih untuk take away makanan dibandingkan makan di tempat, membawa peralatan ibadah pribadi, dan tak perlu berlama-lama di rest area," ucap Heru.

Ilustrasi papan penunjuk arah ke rest area.Dok. Otomotif Group Ilustrasi papan penunjuk arah ke rest area.

"Tak lupa, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, terutama dengan kondisi curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini. Selain itu, juga pastikan saldo uang elektronik cukup, serta mematuhi rambu dan arahan petugas," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X