Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang ke Solo Lewat Tol Trans Jawa, Siapkan Saldo Rp 401.000

Kompas.com - 25/10/2020, 10:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit warga Indonesia yang berencana memanfaatkan waktu libur panjang pada 27 Oktober - 1 November 2020 untuk pulang ke kampung halaman seperti Solo.

Apalagi, saat ini akses menuju wilayah Jawa Tengah cukup mudah seiring tersambungnya seluruh ruas Jalan Tol Trans-Jawa dan pelonggaran pembatasan aktivitas atau PSBB dalam upaya menekan penyebaran virus corona.

Berdasarkan perhitungan manual Kompas.com, pengendara kendaraan pribadi yang ingin memanfaatkan jalan bebas hambatan alias tol pada kesempatan ini dari Jabodetabek patut menyiapkan Rp 401.000 untuk sekali perjalanan.

Baca juga: Rencana Libur Panjang ke Bandung, Simak Hitungan Tarif Tol dari Jakarta ke Bandung

Kendaraan pemudik memadati jalur tol Palikanci, Tegalkarang, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). Pada puncak balik H+4 Lebaran 2019, jalur tol Palimanan-Kanci (Palikanci) mengalami peningkatan volume kendaraan pemudik menuju Jakarta.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Kendaraan pemudik memadati jalur tol Palikanci, Tegalkarang, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). Pada puncak balik H+4 Lebaran 2019, jalur tol Palimanan-Kanci (Palikanci) mengalami peningkatan volume kendaraan pemudik menuju Jakarta.

Biaya tersebut di luar diskon yang biasanya diterapkan badan usaha jalan tol (BUJT) selama beberapa waktu tertentu. Adapun perhitungan ini dari Tol Jakarta - Cikampek sampai Tol Semarang - Solo.

Pada ruas pertama, Anda harus menyiapkan saldo uang elektronik alias e-toll sebesar Rp 15.000 untuk bayar tol Jakarta - Cikampek. Kemudian ambil ruas Cikopo - Palimanan yang tarifnya sebesar Rp 107.500 (116,75 Km).

Setelah itu, pengendara bakal melewati tol Palimanan - Kanci sepanjang 26 kilometer dengan total tarif Rp 12.000 dan menyambung ke ruas Kanci - Pejagan yang bertarif Rp 29.000.

Selepas itu, masuk ruas tol Pejagan - Pemalang yang dikenai tarif sebesar Rp 57.500. Kemudian Anda akan tiba di ruas Pemalang - Batang dan bayar Rp 35.000.

Baca juga: Libur Panjang, Polda Metro Jaya Siapkan 15 Pos Pengamanan Lalu Lintas

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Halo Kawan JM! Siapa di sini yang suka bepergian melewati jalan tol? Hari ini Bang Jasmar mau kasih 5 tips agar perjalanan Kawan JM nyaman dan aman selama di jalan tol, yaitu: 1. Cek ketersediaan kartu dan kecukupan saldo e-toll. 2. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. 3. Bawa kebutuhan yang cukup selama perjalanan. 4. Gunakan sabuk pengaman dan tidak menggunakan gawai saat berkendara. 5. Patuhi rambu dan aturan lalu lintas. Nah itu beberapa hal yang harus Kawan JM perhatikan sebelum memasuki jalan tol. Untuk lebih lengkapnya, cek infografis di atas ya. Selalu berhati-hati dan selamat sampai tujuan ya Kawan JM! ???????????? #BUMNUntukIndonesia #JasaMarga #JasaMargaConnectingIndonesia #SafetyDrivingontheGreenTollRoad

A post shared by PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga) on Oct 24, 2020 at 4:32am PDT

Bila uang elektronik kurang, harap lakukan pengisian kembali karena setelahnya pengendara masih harus membayar Rp 145.000 lagi untuk ruas tol Batang - Semarang, Semarang ABC, dan Semarang - Solo.

Berikut rinciannya :

Jakarta - Cikampek Rp 15.000
Cikopo - Palimanan Rp 107.500
Paimanan - Kanci Rp 12.000
Kanci - Pejagan Rp 29.000
Pejagan - Pemalang Rp 57.500
Pemalang - Batang Rp 35.000
Batang - Semarang Rp 75.000
Semarang ABC Rp 5.000
Semarang - Solo Rp 65.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com