Rencana Libur Panjang ke Bandung, Simak Hitungan Tarif Tol dari Jakarta ke Bandung

Kompas.com - 25/10/2020, 09:41 WIB
Ilustrasi tol cipularang KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi tol cipularang
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut libur panjang yang akan jatuh pada 27 Oktober - 1 November 2020, beragam hal patut dipersiapkan. Salah satunya ialah memastikan ketersediaan uang elektronik alias e-toll untuk bayar toll.

Sebab, saat ini terdapat beberapa ruas jalan tol yang telah dilakukan penyesuaian seperti Cipularang dan Padaleunyi sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri PUPR No. 1128/KPTS/M/2020 serta No. 1116/KPTS/M/2020.

Secara keseluruhan, melalui penyesuaian tersebut tarif tol untuk kendaraan pribadi dari Jakarta menuju Bandung naik sekitar 5 persen dari sebelumnya yakni Rp 58.000 menjadi Rp 61.000.

Baca juga: Libur Panjang, Polda Metro Jaya Siapkan 15 Pos Pengamanan Lalu Lintas

Tarif Baru Tol Cipularang dan Padaleunyi ditundaKementerian PUPR Tarif Baru Tol Cipularang dan Padaleunyi ditunda

Rinciannya, tol Jakarta - Cikampek Rp 15.000, Cipularang Rp 42.500, dan Padaleunyi Rp 3.500. Maka, ada selisih 3.000 dari tarif yang berlaku sebelumnya.

Adapun ruas Cipularang - Padaleunyi merupakan ruas tol yang terintegrasi sebagai jalur utama yang menghubungkan Jakarta menuju Bandung dan sekitarnya, seperti ruas Tol Jakarta - Cikampek, Soreang - Pasir Koja, dan Cikampek - Palimanan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Halo Kawan JM! Siapa di sini yang suka bepergian melewati jalan tol? Hari ini Bang Jasmar mau kasih 5 tips agar perjalanan Kawan JM nyaman dan aman selama di jalan tol, yaitu: 1. Cek ketersediaan kartu dan kecukupan saldo e-toll. 2. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. 3. Bawa kebutuhan yang cukup selama perjalanan. 4. Gunakan sabuk pengaman dan tidak menggunakan gawai saat berkendara. 5. Patuhi rambu dan aturan lalu lintas. Nah itu beberapa hal yang harus Kawan JM perhatikan sebelum memasuki jalan tol. Untuk lebih lengkapnya, cek infografis di atas ya. Selalu berhati-hati dan selamat sampai tujuan ya Kawan JM! ???????????? #BUMNUntukIndonesia #JasaMarga #JasaMargaConnectingIndonesia #SafetyDrivingontheGreenTollRoad

A post shared by PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga) on Oct 24, 2020 at 4:32am PDT

Menurut catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, keberadaan Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi mampu mempersingkat waktu tempuh Jakarta (Cawang) menuju Bandung (Pasteur) hingga 2 jam lebih cepat dibanding jalan non tol atau dari 4-4,5 jam jadi 2-2,5 jam.

Berikut rincian besaran tarif yang disesuaikan pada jalan Tol Cipularang :

Golongan I Rp 39.500
Golongan II Rp 59.500
Golongan III Rp 79.500
Golongan IV Rp 99.500
Golongan V Rp 119.000

Baca juga: Dikritik, Jasa Marga Kasih Diskon Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi

Sementara untuk ruas Tol Padaleunyi, tarif jarak terjauh adalah sebagai berikut :

Golongan I Rp 9.000
Golongan II Rp 15.000
Golongan III Rp 17.500
Golongan IV Rp 21.500
Golongan V Rp 26.000



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X