Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Libur Panjang ke Bandung, Simak Hitungan Tarif Tol dari Jakarta ke Bandung

Kompas.com - 25/10/2020, 09:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut libur panjang yang akan jatuh pada 27 Oktober - 1 November 2020, beragam hal patut dipersiapkan. Salah satunya ialah memastikan ketersediaan uang elektronik alias e-toll untuk bayar toll.

Sebab, saat ini terdapat beberapa ruas jalan tol yang telah dilakukan penyesuaian seperti Cipularang dan Padaleunyi sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri PUPR No. 1128/KPTS/M/2020 serta No. 1116/KPTS/M/2020.

Secara keseluruhan, melalui penyesuaian tersebut tarif tol untuk kendaraan pribadi dari Jakarta menuju Bandung naik sekitar 5 persen dari sebelumnya yakni Rp 58.000 menjadi Rp 61.000.

Baca juga: Libur Panjang, Polda Metro Jaya Siapkan 15 Pos Pengamanan Lalu Lintas

Tarif Baru Tol Cipularang dan Padaleunyi ditundaKementerian PUPR Tarif Baru Tol Cipularang dan Padaleunyi ditunda

Rinciannya, tol Jakarta - Cikampek Rp 15.000, Cipularang Rp 42.500, dan Padaleunyi Rp 3.500. Maka, ada selisih 3.000 dari tarif yang berlaku sebelumnya.

Adapun ruas Cipularang - Padaleunyi merupakan ruas tol yang terintegrasi sebagai jalur utama yang menghubungkan Jakarta menuju Bandung dan sekitarnya, seperti ruas Tol Jakarta - Cikampek, Soreang - Pasir Koja, dan Cikampek - Palimanan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Halo Kawan JM! Siapa di sini yang suka bepergian melewati jalan tol? Hari ini Bang Jasmar mau kasih 5 tips agar perjalanan Kawan JM nyaman dan aman selama di jalan tol, yaitu: 1. Cek ketersediaan kartu dan kecukupan saldo e-toll. 2. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. 3. Bawa kebutuhan yang cukup selama perjalanan. 4. Gunakan sabuk pengaman dan tidak menggunakan gawai saat berkendara. 5. Patuhi rambu dan aturan lalu lintas. Nah itu beberapa hal yang harus Kawan JM perhatikan sebelum memasuki jalan tol. Untuk lebih lengkapnya, cek infografis di atas ya. Selalu berhati-hati dan selamat sampai tujuan ya Kawan JM! ???????????? #BUMNUntukIndonesia #JasaMarga #JasaMargaConnectingIndonesia #SafetyDrivingontheGreenTollRoad

A post shared by PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga) on Oct 24, 2020 at 4:32am PDT

Menurut catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, keberadaan Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi mampu mempersingkat waktu tempuh Jakarta (Cawang) menuju Bandung (Pasteur) hingga 2 jam lebih cepat dibanding jalan non tol atau dari 4-4,5 jam jadi 2-2,5 jam.

Berikut rincian besaran tarif yang disesuaikan pada jalan Tol Cipularang :

Golongan I Rp 39.500
Golongan II Rp 59.500
Golongan III Rp 79.500
Golongan IV Rp 99.500
Golongan V Rp 119.000

Baca juga: Dikritik, Jasa Marga Kasih Diskon Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi

Sementara untuk ruas Tol Padaleunyi, tarif jarak terjauh adalah sebagai berikut :

Golongan I Rp 9.000
Golongan II Rp 15.000
Golongan III Rp 17.500
Golongan IV Rp 21.500
Golongan V Rp 26.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com