PO Borlindo Akan Punya Bus Baru Pakai Sasis Volvo B11R

Kompas.com - 25/10/2020, 09:01 WIB
Bus AKAP PO Borlindo Instagram/populace_republictransport_ltdBus AKAP PO Borlindo

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) asal Sulawesi, Borlindo memang terkenal akan armadanya yang mewah serta menggunakan sasis premium. Belum lama ini tersebar foto unit bus baru milik PO Borlindo.

Bus baru ini menggunakan bodi Evolander SHD buatan karoseri New Armada, dikawinkan dengan sasis tronton dari Volvo, yaitu B11R. Namun untuk bodinya, Evolander SHD milik Borlindo memiliki perbedaan dengan yang biasanya.

Development Design karoseri New Armada, Deddy Hermawan mengatakan, memang ada sedikit ubahan dibanding bodi Evolander SHD dibanding model lainnya, yaitu di tinggi bagasi dan kabinnya.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 40 Jutaan di Balai Lelang, Ada Vios, Yaris, sampai BMW

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Selamat kepada @dapur_desain yang terpilih sebagai pemenang livery contest #borlindo #poborlindo

A post shared by BORLINDO (@borlindomj) on Jan 9, 2020 at 3:29pm PST

 

“Tinggi kabin dikurangi untuk memperluas bagasi bawah. Bisa dikatakan ini SHD+ karena ada penambahan sedikit di atas. Untuk tinggi bagasinya jadi 135 cm,” ucap Deddy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian PO Borlindo yang memilih bodi Evolander juga bukan tanpa alasan. Karena jika melihat bodi buatan karoseri New Armada paling baru yaitu Skylander. Pilihan PO Borlindo untuk memakai model lama karena pertimbangan suku cadangnya.

“Borlindo mempertimbangkan stok lampu yang sama, karena unit-unit sebelumnya pakai seri Evolander. Enggak mau ribet dengan bermacam-macam stok lampu yang berbeda,” kata Deddy.

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 80 Jutaan di Balai Lelang, Ada Juke, Innova sampai CR-V

Bus AKAPmobilkomersial.com Bus AKAP

Jika diperhatikan dari fotonya, PO Borlindo akan menggunakan livery pemenang dari livery contest yang diadakan akhir tahun 2019. Warna bus perpaduan dari putih dan merah, serta di bagian livery nya ada grafis kombinasi warna merah dan biru, serta ada lambang mahkota khas Borlindo.

Deddy mengatakan, akan ada dua unit bus Evolander SHD milik PO Borlindo dan keduanya memakai sasis Volvo B11R triple axle. Volvo B11R sendiri memiliki mesin yang sangat bertenaga serta torsi yang melimpah.

Sasis ini memiliki mesin diesel 11.000 cc dengan turbo dan intercooler yang menghasilkan 430 TK dan torsi 1.970 Nm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke roda belakang dengan transmisi I-Shift 12 percepatan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X