Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Rem Mobil Bisa Macet Saat Terobos Genangan Air?

Kompas.com - 25/10/2020, 10:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMusim hujan sedang melanda daerah Jakarta dan sekitarnya. Beberapa ruas jalan tergenang bahkan banjir yang disebabkan kurang baiknya sistem pembuangan air dan hujan yang cukup deras.

Ketika melewati genangan air tersebut, tentu saja bagian ban dan rem akan sedikit terkena percikan air bahkan terendam. Ada yang mengatakan untuk lebih baik menghindari genangan tersebut, khawatir komponen rem akan macet, benarkah begitu?

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi mengatakan, rem yang macet, bisa saja terjadi pada kendaraan, namun kondisinya terendam dan mobilnya diam.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan di Balai Lelang, Mulai Panther, Sigra dan Avanza

Genangan air terlihat di Tol Padaleunyi KM 130Dok Humas Jasa Marga Genangan air terlihat di Tol Padaleunyi KM 130

“Kalau kerendam kemudian air masuk ke komponen rem, bisa saja mengakibatkan karat dan macet,” ucap Supriyadi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Mobil yang terendam banjir, komponen rem sebaiknya dibersihkan dan dikeringkan. Mengingat fungsi rem yang sangat penting, bisa menjadi bahaya jika rem mengalami macet saat digunakan.

Baca juga: Ada Varian Diesel, Honda CR-V Facelift Dijual Mulai Rp 500 Jutaan

“Saat kerendam, piston dan silinder yang ada di komponen rem bisa berkarat. Berbeda jika hanya melewati genangan,” kata Supriyadi.

Supriyadi mengatakan, kalau hanya lewati genangan, hanya perlu disemprot dengan air bersih remnya setelah sampai di rumah. Kemudian untuk mengeringkan kampasnya, bisa dengan berjalan perlahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com