Ingat, Ban Mobil Perlu Dirotasi Secara Berkala

Kompas.com - 25/10/2020, 08:21 WIB
Kondisi ban aus berbulu popularmechanics.comKondisi ban aus berbulu
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat keausan ban mobil tidak selalu sama antara depan dan belakang, kanan dan juga yang di sisi kiri.

Perbedaan titik beban kendaraan serta cara berkendara menjadi salah satu penyebab keausan ban tidak selalu sama, meskipun waktu pembelian keempat ban dilakukan secara bersamaan.

Adanya perbedaan tingkat ketebalan karet pembungkus pelek ini tentunya berpengaruh terhadap stabilitas kendaraan saat dikendarai.

Untuk itu, agar tingkat keausan ban merata atau tidak terlalu berbeda jauh antara satu dengan yang lainnya perlu dilakukan rotasi.

Baca juga: Bisakah SIM Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan?

Rotasi atau pemindahan posisi ban mobil dari satu posisi ke posisi lainnya perlu dilakukan secara berkala dalam periode tertentu.

Pentingnya rotasi bankiosban.com Pentingnya rotasi ban

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, pemindahan ban menjadi salah satu cara melakukan perawatan terhadap ban.

“Rotasi ban ini menjadi salah satu cara merawat ban, selain membersihkan, menjaga tekanan udara dan melalui penyemiran ban,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Sabtu (24/10/2020).

Zulpata menambahkan, semakin sering pemindahan ban dilakukan maka akan semakin baik karena bisa menjaga umur ban agar bisa lebih panjang.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Wajib Sertakan KTP, Ini Alasannya

“Rotasi sangat sangat penting buat ban, ini akan berpengaruh terhadap umur ban. semakin sering ban dirotasi akan semakin bagus,” ujarnya.

Melakukan rotasi sebaiknya juga diikuti dengan penyesuaian lainnya yakni pengecekan kelurusan roda atau spooring.

Balancing roda perlu dilakukan rutin tiap 10.000 Km atau setiap merotasi ban mobil.KOMPAS.com/Dio Balancing roda perlu dilakukan rutin tiap 10.000 Km atau setiap merotasi ban mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X