Berkat Pembebasan Pajak, Penjualan Mobil di Malaysia Berangsur Pulih

Kompas.com - 23/10/2020, 15:01 WIB
Ilustrasi booth Perodua di sebuah pameran otomotif di Malaysia. Facebook.com/PeroduaIlustrasi booth Perodua di sebuah pameran otomotif di Malaysia.
|

JAKARTA, KOMPAS.comPenjualan mobil di Malaysia berangsur pulih meski kondisi masih dalam pandemi Covid-19. Peningkatan ini terjadi karena pembebasan pajak mobil baru yang diterapkan sejak Juni 2020.

Dilansir dari Paultan, penjualan mobil pada September 2020 bahkan melebihi perolehan pada bulan yang sama tahun sebelumnya.

Menurut data Asosiasi Otomotif Malaysia, penjualan pada September lalu mencapai 56.444 unit atau meningkat 7 persen dari Agustus 2020.

Baca juga: Pilihan SUV Ladder Frame Seken, Isuzu MU-X Lebih Murah dari Fortuner

Ilustrasi Menara Kembar di Kuala Lumpurtripadvisor.com Ilustrasi Menara Kembar di Kuala Lumpur

Secara lebih rinci, penjualan kendaraan penumpang mencapai 51.422 unit dan kendaraan niaga sebanyak 5.022 unit.

Dibandingkan September 2019, penjualan pada bulan lalu meningkat 26 persen yang hanya mendapat 44.666 unit.

Walau demikian, Asosiasi Otomotif Malaysia memprediksi penjualan pada Oktober ini akan menurun kembali. Sebab Malaysia tengah memberlakukan kembali kebijakan lockdown.

Baca juga: Stok Motor NOS Suzuki Lebih Banyak Ketimbang Honda dan Yamaha

Tampang penyegaran Proton Exora.paultan.org Tampang penyegaran Proton Exora.

“Volume penjualan pada Oktober 2020 diperkirakan akan lebih rendah dibanding September,” tulis pernyataan Asosiasi Otomotif Malaysia.

Seperti diketahui, pada Juni lalu Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin telah membebaskan pajak penjualan mobil penumpang rakitan lokal (CKD).

Sementara mobil impor (CBU) diberikan diskon pajak 50 persen, mulai 15 Juni hingga 31 Desember 2020.

Dalam tiga bulan penerapan pembebasan pajak mobil baru, penjualan mobil dan industri otomotif yang memiliki banyak turunan, berangsur-angsur membaik.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X