6 Fakta Menarik Pebalap MotoGP Saat Balapan

Kompas.com - 23/10/2020, 13:40 WIB
|

ARAGON, KOMPAS.com - Mengendarai motor MotoGP pastinya perlu teknik dan keterampilan tinggi. Tak semua orang bisa jadi pebalap di kelas premier yang merupakan kejuaraan paling bergengsi.

Motor-motor MotoGP merupakan motor tercanggih yang bisa dibuat oleh pabrikan. Motor ini berstatus purwarupa alias tidak dijual untuk umum. Dirancang hanya untuk memenangkan balapan.

Baca juga: Rossi Rela Korbankan Tim Moto3 Demi Adik Bisa ke MotoGP

Karena itu ada fakta-fakta unik di balik setiap balapan. Termasuk beberapa data yang dilakukan para pebalap MotoGP saat sedang balapan.

1. Kopling

Motor MotoGP adalah motor manual. Tapi kopling hanya digunakan sekali selama balapan, yaitu saat start.

Sisanya saat balapan berlangsung pebalap tidak perlu menarik tuas kopling untuk menaikkan atau menurunkan gigi. Pebalap bisa bebas melakukan hal tersebut karena motor memakai fitur quickshifter.

2. Gas

Selama balapan, pebalap MotoGP hampir tidak pernah tutup gas. Hitungan kasarnya selongsong gas selalu terbuka termasuk gas pol mencapai 75 persen selama balapan.

3. Lebih dari 300 kpj

Kemampuan motor-motor MotoGP bisa mencapai kecepatan 300 kpj bahkan lebih. Menjadikannya salah satu motor terkencang di dunia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.