Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2020, 12:30 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak seperti biasanya, perusahaan otomotif mampu menyodok ke urutan atas merek global terbaik. Hasil ini mengubah kebiasaan laporan merek global terbaik, yang biasanya banyak diraih perusahaan teknologi digital.

Menurut laporan Interbrand’s 2020 Best Global Brands (BGB), Toyota berada di peringkat ke-7, sementara Mercedes-Benz di tempat ke-11.

Laporan BGB yang diumumkan pada pekan ketiga Oktober ini menyusun pemeringkatan berdasarkan tiga faktor utama.

Baca juga: Pilihan SUV Ladder Frame Seken, Isuzu MU-X Lebih Murah dari Fortuner

Pabrik Toyota yang ada di wilayah Durban, Afrika Selatan.Nikkei Pabrik Toyota yang ada di wilayah Durban, Afrika Selatan.

Pertama, terkait faktor kinerja keuangan produk bersangkutan, peran merek dalam keputusan membeli konsumen, dan kekuatan daya saing merek.

Kemudian kinerja keuangan dan persepsi, naik turunnya citra penilaian perusahaan, hingga popularitas merek yang berkolerasi dengan perkembangan budaya global terkini.

“Kepemimpinan, keterlibatan, dan relevansi adalah tiga tema konsisten yang kami lihat saat merek mencoba menavigasi lanskap bisnis yang berubah dengan cepat,” ujar CEO Interbrand Global Charles Trevail, dilansir dari laman Driving (23/10/2020).

Baca juga: Stok Motor NOS Suzuki Lebih Banyak Ketimbang Honda dan Yamaha

Logo Tesla.Reuters Logo Tesla.

Walaupun perusahaan otomotif mampu merangsek ke urutan atas, secara umum perusahaan teknologi masih mendominasi daftar. Secara berturut-turut dari peringkat pertama dihuni Apple, Amazon, dan Microsoft.

Selain dua merek otomotif tadi, Tesla juga menjadi perusahaan yang mencuri perhatian dalam BGB 2020.

Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk ini mampu masuk dalam daftar 50 besar untuk pertama kalinya. Padahal dua tahun sebelumnya, Tesla bahkan tak masuk dalam peringkat 100 besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com