Seri Pamungkas MotoGP Portugal Terancam Batal karena Covid-19

Kompas.com - 17/10/2020, 09:12 WIB
Sirkuit Portimao Snaplap.netSirkuit Portimao

JAKARTA, KOMPAS.com - Di awal musim, Sirkuit Portimao, Portugal, akhirnya diputuskan dapat menjadi tuan rumah sekaligus seri pamungkas MotoGP 2020. Namun, belum lama ini, kasus Covid-19 di sana mengalami peningkatan.

Sebelumnya, Portugal mampu melewati krisis dengan cukup baik. Tapi sekarang, pemerintah Portugal mengumumkan bencana tingkat nasional, karena adanya peningkatan jumlah infeksi secara tajam.

Baca juga: Lorenzo Kecewa Belum Berhasil Cicipi M1 2020 di Sirkuit Portimao

Status tersebut berlaku selama 15 hari, dan jika perlu, akan diberlakukan pembatasan pergerakan orang dan tindakan drastis lainnya.

Sirkuit Portimao Foto: Autosport Sirkuit Portimao

Perdana Menteri Antonio Costa dan kabinetnya di Lisbon ingin mengambil tindakan tegas. Tercatat, ada 2.072 infeksi baru dilaporkan pada Rabu (14/10/2020). Pada akhir Juli, jumlahnya masih 135 orang yang dinyatakan positif.

Sirkuit Portimao sendiri akan menjadi tuan rumah untuk seri terakhir World Superbike pada pekan ini, pertama kalinya menggelar Formula 1 pekan depan, dan final MotoGP pada 22 November.

Baca juga: Komentar Rossi Setelah Jajal Sirkuit Portimao

Direktur Pelaksana Autodromo-do-Algarve Paulo Pinheiro, mengatakan, pihaknya memperkirakan akan ada 50.000 pengunjung untuk Formula 1 dan MotoGP. Namun, dinas kesehatan setempat masih bisa menghentikan rencana tersebut.

Saat ini, di Portugal sudah ada lebih dari 91.000 kasus terjadi dengan jumlah kematian karena Covid-19 mencapai lebih dari. 2.110 jiwa.

Di MotoGP sendiri, sudah ada beberapa karyawan, anggota tim, mekanik, dan pebalap yang terkena Covid-19 atau kontak erat dengan pasien. Termasuk Valentino Rossi, yang menjadi pebalap pertama di kelas MotoGP yang terinfeksi Covid-19.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X