Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalender MotoGP 2020 Bertambah, Portimao Jadi Seri Pamungkas

Kompas.com - 11/08/2020, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

PORTIMAO, KOMPAS.com - Sirkuit Portimao, Portugal resmi bergabung dalam kalender MotoGP 2020. GP Portugal masuk dalam seri ke-14 dan menjadi balapan penutup alias pamungkas menggantikan Valencia.

Portimao merupakan sirkuit cadangan jika ada kasus tertentu di MotoGP sejak 2017. Hadirnya Portimao juga merupakan kembalinya MotoGP ke Portugal setelah terakhir digelar di Estoril 2012.

Baca juga: Lepas Pasang Aki Mobil Sendiri Bisa Sebabkan Sistem Elektronik Error

Selama ini Portimao belum pernah menjadi tuan rumah MotoGP dan hanya menggelar World Superbike (WSBK). Karakter sirkuitnya bisa dibilang stop and go karena banyak memiliki tikungan patah.

Sirkuit Portimao Foto: Autosport Sirkuit Portimao

CEO Portimao Paulo Pinheiro, mengatakan, pihaknya sudah lama menantikan agar Portimao bisa masuk kalender MotoGP. Kerja keras itu terbayar sebab bukan hanya masuk seri tapi juga jadi balapan final.

"Pencapaian besar bagi kami akhirnya memiliki MotoGP. MotoGP adalah puncak dari motorsport roda dua, dan kami sangat bersemangat untuk menggelarnya," kata Paulo mengutip Autosport, Senin (10/8/2020).

Baca juga: Pesanan Bus Baru di Karoseri Masih Sedikit

Jika tidak ada kendala, GP Potugal 2020 akan digelar pada 22 November mendatang. Paulo mengatakan tim berkerja keras agar nantinya balapan final bisa terbuka untuk umum alias ada penonton.

"Kami usahakan, dan kami akan mulai dengan kapasitas 30.000 untuk balapan akhir pekan. Kami akan memutuskan dengan Dorna dan otoritas kebersihan tahap-tahap berikutnya," kata Paulo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com