Kompas.com - 09/10/2020, 07:42 WIB
Kebiasaan yang dilakukan Valentino Rossi sebelum memulai balapan. AFP/PETER PARKSKebiasaan yang dilakukan Valentino Rossi sebelum memulai balapan.

PORTIMAO, KOMPAS.com - Valentino Rossi dan Maverick Vinales akhirnya menjajal Sirkuit Portimao, Portugal untuk pertama kali. The Doctor mengatakan karakter sirkuitnya sangat menantang.

Rossi dan Vinales memakai Yamaha R1. Kegiatan ini merupakan tes resmi Portimao, sebelum sirkuit tersebut akan menggelar MotoGP pertama kali sebagai seri penutup November mendatang.

Baca juga: Rossi Pede Bisa Podium di GP Le Mans

Valentino Rossi saat sesi latihan di MotoGP Malaysia 2019MotoGP Valentino Rossi saat sesi latihan di MotoGP Malaysia 2019

 

"Balapan di sini sangat menarik, karena treknya indah dan secara teknis cukup sulit. Ini trek yang sangat aneh karena banyak perubahan ketinggian (level tanah)," kata Rossi mengutip Crash.net, Kamis (8/10/2020).

Rossi mengatakan pemandangan Sirkuit Portimao sangat indah dan punya aspal yang bagus.

"Di TV sangat rumit, tetapi di kehidupan nyata sangat bagus. Ada tiga atau empat poin yang agak menakutkan, karena ada lompatan besar. Akan sulit untuk mempertahankan motor MotoGP," katanya.

Baca juga: Jadwal MotoGP Perancis Akhir Pekan Ini dan Ambisi Juara Quartararo

Aleix Espargaro terpaksa menggunakan helm lain di GP Catalunya karena masalah sertifikasi.motogp.com Aleix Espargaro terpaksa menggunakan helm lain di GP Catalunya karena masalah sertifikasi.

"Kontak dengan tanah akan lebih sulit di sana, tetapi secara umum itu adalah trek yang sangat manis untuk dikendarai, jadi saya menyukainya," kata Rossi.

Tes resmi Portimao dilakukan oleh para pebalap uji tim. Pebalap tes pabrikan Yamaha, Jorge Lorenzo juga ikut menjajal Sirkuit Portimao, bedanya dia pakai YZR-M1 musim lalu. Tes dibagi dua sesi dan Aleix Espargaro menjadi yang tercepat.

"Ini juga hari yang baik untuk ujian di sini, karena kondisi kami bagus, yang penting saat Anda mulai terbiasa dengan trek baru," kata Rossi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.