Kompas.com - 17/10/2020, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi dipastikan absen pada MotoGP Aragon dan MotoGP Teruel karena terinfeksi Covid-19. Banyak yang berspekulasi Jorge Lorenzo akan menggantikan Rossi untuk balapan.

Sayangnya, Yamaha tidak berpendapat demikian. Kecil kemungkinan Lorenzo, sang juara dunia MotoGP dua kali, untuk kembali balapan, karena performanya yang tak lagi kompetitif.

Baca juga: Siapa Pengganti Rossi di Aragon? Nama Lorenzo Muncul

Sejak Februari, Lorenzo baru mengendarai motor MotoGP sebanyak empat hari. Dua hari dilakukan pekan lalu saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal. Bahkan, itu pun masih menggunakan Yamaha M1 versi 2019.

Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, PortugalYamaha MotoGP Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal

Manajer tim Yamaha Massimo Meregalli, mengatakan, Lorenzo mungkin menjadi pilihan jika Rossi juga akan absen di Valencia pada bulan depan.

Tapi, performanya saat sesi tes di Portugal menunjukkan Lorenzo butuh latihan lebih banyak lagi di atas motor. Untuk diketahui, catatan waktu Lorenzo saat itu tertinggal empat detik dari pebalap Aprilia Aleix Espargaro.

Baca juga: MotoGP 2020 Jadi Musim Terburuk Valentino Rossi Sepanjang Karier

"Tentu saja kami mengharapkan Rossi kembali di Valencia, kami tidak berpikir dia akan kembali untuk Aragon 2. Saat ini, kami belum berbicara soal penggantinya di sini. Tapi sejujurnya, menurut saya kami tidak akan melakukannya," ujar Meregalli, dikutip dari Motorsport.com.

Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, PortugalYamaha MotoGP Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal

Meregalli menambahkan, Yamaha punya waktu 10 hari untuk mengevaluasi siapa pengganti Rossi untuk MotoGP Teruel. Namun, saat ini belum dibicarakan siapa penggantinya.

"Saya tidak mengesampingkan Lorenzp, tapi menurut saya setelah tes di Portimao jelas sekali dia butuh latihan sedikit lebih banyak lagi," kata Meregalli.

Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, PortugalYamaha MotoGP Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal

Meregalli mengatakan, jika Rossi absen juga di Valencia, maka Lorenzo akan lebih dipertimbangkan lagi untuk menggantikan Rossi. Padahal, Yamaha sudah mengingatkan pada setiap pebalapnya bahwa penting untuk selalu latihan di atas motor.

"Tentunya, Jorge kehilangan kebiasaan dalam pengereman, kecepatan, akselerasi, jadi dia benar-benar perlu kembali ke atas motor lebih banyak," ujar Meregalli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.