Begini Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Parkir

Kompas.com - 08/10/2020, 13:02 WIB
Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada dua tipe pemilik mobil dalam memarkir mobil bertransmisi matik. Pertama, yang posisi tuas transmisinya di P (parking). Kedua, yang posisi tuasnya di N (neutral).

Selama ini, tak jarang perdebatan muncul mengenai posisi tuas transmisi mobil matik saat parkir, apakah lebih baik pada posisi P (parking) atau N (neutral)?

Baca juga: Catat, Jangan Lakukan Ini Saat Mengemudikan Mobil Transmisi Matik

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, jika mobil matik diparkir dengan posisi tuas transmisi pada posisi N, berarti untuk menahan gerakan kendaraan akan mengandalkan handbrake atau rem tangan.

Ilustrasi parkir mobil basementaceh.tribunnews.com Ilustrasi parkir mobil basement

Menurut Didi, kondisi ini bisa mengganggu kinerja dari perangkat tersebut, terlebih jika durasi parkir dalam waktu yang lama.

“Saat parkir sebaiknya menempatkan tuas transmisi pada posisi P, tujuannya adalah untuk mendukung rem tangan agar kinerjanya tidak terganggu,” kata Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi menambahkan, dengan memposisikan tuas persneling pada P, sama halnya memasukkan gigi transmisi pada mobil manual.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Oli Transmisi Matik Mobil

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis mobil bertransmisi otomatis Worner Matic, menjelaskan, bahwa sebaiknya tuas persneling digunakan sesuai untuk keperluannya.

Menurutnya, saat akan parkir, maka akan lebih baik dan lebih aman menempatkan posisi tuas transmisi pada P dibandingkan pada N.

“Kalau posisi transmisi diposisikan di P akan lebih aman saat parkir, karena saat gigi persneling di P output shaft yang terhubung dengan as kopel akan terkunci,” ujar Hermas, kepada Kompas.com, beberala waktu lalu.

Tuas transmisi BMW X1 masih memakai model lama langkap dengan i-DriveKompas.com - AFH Tuas transmisi BMW X1 masih memakai model lama langkap dengan i-Drive

Hermas menambahkan, dengan as kopel terkunci, maka mobil akan lebih aman dan tidak bergerak dengan sendirinya. Saat akan parkir lama atau sebentar, posisi tuas sebaiknya tetap di posisi P.

“Mau parkir lama atau pun sebentar, sebaiknya (transmisi) diposisikan di P kalau memang berhenti untuk parkir,” kata Hermas.

Sementara pilihan tuas transmisi pada N, menurut Hermas, bukan digunakan pada saat parkir, melainkan hanya berhenti sebentar dengan kondisi mesin masih hidup.

“Misalkan, saat mobil berhenti di lampu merah atau berhenti dalam waktu sebentar dengan alasan tertentu, itu masih diperbolehkan untuk menggeser tuas persneling pada posisi N,” ujar Hermas.

Untuk itu, saat pemilik mobil matik akan parkir dengan durasi berapa lama pun akan lebih disarankan memposisikan tuas persneling pada posisi P dan bukan di N.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X