Tips Aman Mengemudi Sambil Mendengarkan Musik

Kompas.com - 06/10/2020, 13:22 WIB
Ilustrasi berkendara. ThinkstockIlustrasi berkendara.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Musik memang sudah menjadi bagian dari aktivitas seseorang sehari-hari, baik saat bekerja atau bahkan mengemudikan kendaraan roda empat.

Alunan musik dipercaya bisa memberikan efek positif bagi yang mendengarkannya, salah satunya adalah bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Meski begitu, mendengarkan musik saat mengendarai mobil juga tidak bisa sembarangan. Hal ini karena, keasyikan mendengarkan musik bisa saja menimbulkan potensi kecelakaan lalu lintas.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI) Sony Susmana mengatakan, ketika mengemudi yang dibutuhkan adalah kenyamanan dan hal yang biasa dilakukan adalah dengan mendengarkan musik.

Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

“Pada prinsipnya mengemudi harus ada hal-hal yang membuat nyaman atau paling tidak membuat suasananya tidak boring, salah satunya dengan mendengarkan musik,” kata Sony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Berikut tips aman mengemudi sembari mendengarkan musik.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

1. Perhatikan tingkat volume

Memutar musik saat mengemudikan kendaraan roda empat sah-sah saja dan hampir dilakukan oleh setiap orang.

Tetapi, mendengarkan musik ketika berkendara juga harus ada tetap memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah tingkat volume.

Sony mengatakan, sebaiknya tingkat volume musik yang diputar tidak terlalu keras sehingga tidak mengganggu komunikasi atau suara di luar kabin terganggu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X