Bisa Dikoleksi, 5 Motor Jadul yang Dibekali Mesin Turbo

Kompas.com - 28/09/2020, 10:02 WIB
Mesin Honda CX500 Turbo tamiya.comMesin Honda CX500 Turbo

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dunia otomotif, khususnya roda empat, penggunaan turbocharger ( turbo) sudah menjadi hal yang lumrah atau bahkan banyak dilakukan tiap pabrikan.

Sementara di dunia roda dua, sudah tidak ada lagi yang menyematkan turbo pada mesin untuk mendongkrak performa. Namun, di era 1980-an, ternyata banyak pabrikan yang menyematkan teknologi turbo pada motor.

Baca juga: Royal Enfield Himalayan Scrambler Berjantung Turbo

Dikutip dari Bikersrepublic.com, semua berawal dari Porsche yang melahirkan 911 (930) Turbo di tahun 1975. Sejak saat itu, penggunaan kata turbo menjadi masif digunakan.

Turbo sendiri adalah alat yang dapat meningkatkan performa mesin dengan menambah volume udara yang masuk ke ruang pembakaran, lebih banyak bahan bakar yang bisa ditambahkan. Sehingga, menghasilkan tenaga di tiap cc-nya.

Selain unik, motor-motor ini tergolong langka dan cukup potensial untuk dijadikan barang koleksi

Berikut 5 motor jadul yang dibekali turbo dari pabrikan:

1. Kawasaki Z1R-TC (1973)

Kawasaki Z1R-TC, motor jadul yang dibekali turbo pada mesinnyaBikersrepublic.com Kawasaki Z1R-TC, motor jadul yang dibekali turbo pada mesinnya

Motor ini bisa disebut sebagai nenek moyang dari H2. Motor ini bisa dibilang sebagai model spesial yang hanya dijual di Amerika.

Tenaga yang dihasilkan meningkat dari 90 tk menjadi 130 tk dengan bantuan turbo tersebut.

2. Honda CX500 Turbo (1982)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X