KTM Duke 200 Ini Pakai Tambahan Turbocharger

Kompas.com - 25/10/2019, 12:32 WIB
KTM Duke 200 dijejali turbocharger oleh GTX Motorcustom Dok. KustomfestKTM Duke 200 dijejali turbocharger oleh GTX Motorcustom

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin mobil belakangan ini banyak yang menggunakan turbocharger (turbo). Motor pun tak mau ketinggalan, seperti KTM Duke 200 garapan GTX Motorcustom yang turun di Kustomfest 2019 ini.

Putra Darmagita, pemilik motor sekaligus builder dari GTX Motorcustom mengatakan, motor ini dibangun dengan memadukan konsep chopper dan boardtracker, serta sedikit sentuhan motor drag. Terlihat dari model stangnya, khas motor drag luar negeri.

Baca juga: Ngeri, Motor Tua Bangka Binter Merzy Pakai Mesin Supercharger

"Motor ini juga pakai perangkat penunjang performa, yaitu turbocharger. Turbo ini dipasang dengan model suction. Jadi, karburator dulu, baru turbo, lalu mesin," ujar Putra, kepada Kompas.com, di sela-sela Kustomfest 2019, di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, belum lama ini.

KTM Duke 200 dijejali turbocharger oleh GTX MotorcustomDok. Kustomfest KTM Duke 200 dijejali turbocharger oleh GTX Motorcustom

Putra menambahkan, turbo diaplikasikan untuk memperkuat konsep balapnya. Selain itu, juga menambah performanya.

"Tapi, ini belum saya dyno. Rencananya memang mau di-dyno, dengan kondisi tanpa dan dengan turbo. Jadi, biar terlihat seberapa besar peningkatan performanya, bukan hanya sekadar variasi saja," kata Putra.

Mesin Duke 200 ini juga didapati Putra dalam kondisi yang cukup parah. Beberapa komponen sudah tidak ada, seperti throttle body dan ECU.

"Daripada dibetulkan, harganya juga mahal, akhirnya diganti saja dengan karburator," ujar Putra.

Baca juga: Custom Motor Listrik Berpeluang Hadir di Acara Kustomfest

Untuk finishing-nya, Putra menggunakan warna asli alumunium. Sebab, memang semua bodinya menggunakan material alumunium. Motor ini hanya dipernis saja dan ditambahkan ukiran khas Bali. Untuk menonjolkan asal-usul sang builder dan juga budaya Bali.

Bicara soal kesulitan, Putra mengaku mengalami kesulitan menyelaraskan bentuk motor tersebut. Sebab, Duke 200 buatan tahun 2013 ini menggunakan mesin yang modern dengan pendingin cairan atau radiator.

KTM Duke 200 dijejali turbocharger oleh GTX MotorcustomDok. Kustomfest KTM Duke 200 dijejali turbocharger oleh GTX Motorcustom

"Jadi, untuk membuatnya jadi terlihat klasik atau retro memberikan tantangan tersendiri. Ditambah lagi saat merapikan jalur-jalur pendinginan dari radiator, itu juga menjadi tantangan untuk kami," ujar Putra.

Putra membuat konsep motor ini dan mulai mengerjakannya sejak dua tahun yang lalu. Namun, karena banyak pesanan konsumen yang masuk, akhirnya motornya terbengkalai.

"Karena motor sendiri, jadi digarapnya santai. Sebenarnya, rencananya motor ini mau diturunkan di Kustomfest tahun lalu, tapi baru selesai sekarang," kata Putra.

KTM Duke 200 dijejali turbocharger oleh GTX MotorcustomDok. Kustomfest KTM Duke 200 dijejali turbocharger oleh GTX Motorcustom

Data spesifikasi KTM Duke 200:
Rangka: Custom
Jok: Custom
Bodi: Custom (alumunium)
Pelek depan dan belakang: Custom
Ban depan: Swallow Sprinter 201 350x21
Ban belakang: Swallow Classic 450x18
Suspensi depan: Custom (springer)
Knalpot: Custom (stainless steel)
Turbocharger: IHI RHB31
Pipa-pipa turbocharger: Custom (alumunium)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X