7 Motor Sport dengan Winglet yang Dijual Secara Umum

Kompas.com - 24/09/2020, 18:21 WIB
BMW M 1000 RR BMW MotorradBMW M 1000 RR

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak teknologi pada motor produksi massal yang asalnya dari dunia balap, khususnya MotoGP. Salah satunya adalah winglet, yang belakangan ini mulai banyak digunakan oleh beberapa produsen motor.

Winglet tersebut diaplikasikan pada motor berjenis superbike. Fungsinya sama seperti pada motor MotoGP. Peranti ini membantu memberikan daya tekan (downforce) agar motor tetap mendapatkan traksi secara maksimum.

Baca juga: Piaggio Kembangkan Teknologi Winglet Aktif ala MotoGP buat Skutik

Di MotoGP, tren penggunaan winglet dipopulerkan oleh Ducati. Saat itu, regulasi memaksa tiap pabrikan menggunakan ECU yang seragam yang membatasi beberapa pengaturan elektronik di motor.

Untuk menyiasatinya, Ducati mengandalkan perangkat aerodinamika, seperti winglet. Sempat mendapat cibiran, sekarang semua tim pabrikan juga mengikuti Ducati.

Berikut ini deretan superbike produksi massal yang dibekali dengan winglet:
1. Ducati Panigale V4

Ducati Panigale V4Ducati Ducati Panigale V4

Panigale V4 bisa dibilang menjadi langkah awal Ducati meninggalkan konfigurasi mesin L-Twin yang sudah sangat identik pada pabrikan asal Italia tersebut. Konfigurasi mesin V4 yang digunakan juga sama dengan motor Ducati di MotoGP.

Jika dilihat spesifikasinya, mirip sekali dengan Desmosedici yang diturunkan Ducati di MotoGP, terutama dari sisi mesin.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 221 tk di 15.250 rpm dan torsi maksimal 112 Nm pada 11.500 rpm. Sementara bobot keringnya, hanya 172 kg saja.

2. Ducati Superleggera V4

Ducati Superleggera V4Ducati Ducati Superleggera V4

Sukses dengan Panigale V4, Ducati kembali merilis Superleggera V4. Motor ini hampir sepenuhnya dibuat dengan bahan serat karbon, termasuk mesin, knalpot, ban, bahkan swingarm, roda hingga bodi motor.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X