Tips Benar Menyalip Kendaraan Lain Pakai Mobil Transmisi Matik

Kompas.com - 18/09/2020, 10:12 WIB
Daihatsu Terios 7 Wonders jelajah Kolaka, Sulawesi Tenggara Daihatsu Terios 7 Wonders jelajah Kolaka, Sulawesi Tenggara

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai aspek pengalaman berkendara bersama mobil bertransmisi otomatis atau matik kerap berbeda dengan yang manual.

Salah satu yang termasuk penting diketahui adalah ketika hendak mendahului kendaraan lain.

Pada beberapa kasus, sebagian pengendara mungkin beranggapan bila mobil jenis ini kurang responsif karena perpindahan gigi-nya cenderung telat mengikuti putaran mesin.

Sehingga, mengakibatkan pengendara terkait kehilangan momentum untuk menyalip. Benarkah mobil matik memang lebih lemot?

Baca juga: Awas Rem Blong, Hindari Berada di Depan Truk atau Bus

Tuas transmisi otomatik.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Tuas transmisi otomatik.

Tak jauh beda

Menanggapi hal tersebut, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi mengatakan, sejatinya tingkat responsif mobil matik tak jauh berbeda dari mobil konvensional, asalkan pengoperasiannya benar.

Menurut dia, dalam kondisi akan mendahului atau overtaking kendaraan yang berada di depan, pengemudi bisa memaksimalkan kemampuan mesin.

Kendati demikian pengemudi harus memastikan dahulu jarak serta momentum kecepatan mobil.

Menggeser posisi tuas

"Saat menyalip (pengguna mobil Daihatsu), pengemudi disarankan untuk menggeser tuas transmisi otomatis dari posisi D ke posisi D-3. Usai mendahului, baru kembalikan tuas ke posisi D. Tapi pastikan jarak yang akan diambil aman," jelas Bambang dalam diskusi virtual belum lama ini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X