Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Kembangkan Sayap Aktif di Motor

Kompas.com - 17/09/2020, 19:11 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber motorbeam


JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad sedang mengembangkan teknologi baru berupa perangkat aero aktif, yakni semacam winglet atau sayap aktif yang bisa bergerak menyesuaikan kondisi motor.

Gambar paten tersebut bocor dari kantor paten di Jerman. Ditengarai, teknologi winglet yang bisa bergerak ini akan dipakai di motor produksi jalan raya yang butuh aerodinamika lebih baik.

Dari gambar dapat dilihat BMW punya dua skema. Pertama yakni sayap aktif di faring dan samping jok pembonceng, dan skema kedua sayapnya terletak di garpu (suspensi) depan serta lengan ayun belakang.

Baca juga: Penjelasan Kenapa Volvo Utuh dan Fortuner Remuk Saat Tabrakan

Konsep sayap aktif ini sebetulnya bukan hal yang benar-benar baru, sebelumnya Honda juga pernah mengembangkan hal serupa. Bedanya, sayap di BMW ini dirancang lebih solid alias menyatu dengan bodi.

Sayap aktif BMW Motorrad Sayap aktif BMW Motorrad

Tebakannya ialah tiap sayap bisa bergerak secara independen sehingga menghasilkan gaya tertentu yang lebih baik. Mulai dari tingkat aerodinamis, hingga gaya tekan alias downforce yang lebih tinggi.

Teknologi sayap aktif ini ditengarai merupakan langkah BWM untuk antisipasi di ajang WSBK. Jika peraturan soal winglet mulus maka konsep ini bisa dipakai di motor produksi massal yakni BMW S1000RR.

Baca juga: [VIDEO] Masih Banyak Pengendara Tak Paham Penggunaan Lampu

Belakangan ini BMW memang terlihat getol mengembangkan berbagai teknologi di roda dua. Sebelum paten sayap aktif terungkap, BMW juga ketahuan mengembangkan lengan ayun yang menyatu dengan sasis.

Kendati demikian, sama seperti bocoran gambar paten yang lain, hal ini tidak menjamin BMW akan membuatnya dalam produksi massal. Paten lebih ke arah melindungi kekayaan intelektual agar tidak dibajak pihak lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com