PO Rajawali Citra Transport Rilis Bus Baru Karoseri New Armada

Kompas.com - 15/09/2020, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 seperti saat ini, tidak membuat perusahaan otobus (PO) berhenti menyegarkan kendaraan. Salah satunya, PO Rajawali Citra Transport yang melakukan penyegaran pada kendaraan niaga andalannya.

Bus terbaru dari PO asal Medan ini menggunakan bodi Skylander double glass dari karoseri New Armada di Magelang. Bodi Skylander ini didominasi warna putih dengan grafis berwarna hijau, biru dan merah.

Pada bagian depan, desain lampu Skylander ini memang terbilang unik, memiliki DRL yang memanjang ke bawah. Selain itu, pada bagian kaca, dilindungi dengan tameng yang terbuat dari besi, untuk kaca atas dan bawah.

Baca juga: Jakarta Terapkan PSBB Lagi, Mulai Hari Ini Ganjil Genap Tak Berlaku

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pembuat Bus, Minibus, Box (@herry_karoseri_na) on Sep 11, 2020 at 2:59am PDT

 

Tameng besi pada kaca depan ini memang peranti yang awam digunakan pada bus Sumatera. Fungsinya yaitu sebagai pelindung pengemudi bus dari lemparan batu ketika sedang beroperasi.

Kemudian pada bagian samping, ada selendang yang bentuknya unik. Berbeda dari selendang kebanyakan, modelnya seperti huruf J dan berwarna silver. Ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga pandangan penumpang ke samping tidak terhalang.

Lalu pada bagian belakang, menggunakan model lampu LED yang minimalis. Bentuk lampu belakang ini memanjang ke atas, namun ukurannya tidak terlalu besar, sehingga memberi kesan bus yang canggih.

Baca juga: Quartararo Sebut Dirinya Jatuh Karena Vinales

Penyebaran bodi bus buatan karoseri New Armada ini memang tidak sebanyak karoseri lain, terutama di Pulau Jawa. Namun menurut Dimas Raditya, Anggota Forum Bismania Indonesia, bodi bus New Armada ini banyak beredar di luar Pulau Jawa.

“Banyaknya yang pakai bodi dari New Armada di Sulawesi, sedangakan di Jawa enggak banyak,” kata Dimas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Diketahui, New Armada pernah membuat dua Skylander Double Decker untuk PO Primadona di Sulawesi. Sedangkan untuk bus milik PO Rajawali Citra Transport memiliki trayek Medan – Pekanbaru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.