Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes KTM 390 Adventure di Aspal dan Tanah

Kompas.com - 02/09/2020, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meluncur di tengah pandemi Covid-19, KTM 390 Adventure mengisi ceruk pasar petualang kelas menengah. Bermodal fitur yang lengkap motor ini menggoda pecinta motor travel enduro.

Kompas.com mendapat kesempatan untuk menjajalnya sebentar. Merasakan ketangguhan motor yang diklaim terinspirasi dari KTM 450 Rally Dakar di jalan aspal dan juga trek tanah di sirkuit off road BSD, Tangerang.

Baca juga: KTM Resmi Lepas 390 Adventure di Indonesia, Harga Rp 119 Juta

Pertama duduk di jok 390 Adventure terasa mantap. Setangnya terasa pas dan kaki tidak terlalu menekuk. Tinggi jok 855mm membuat pengendara dengan tinggi di bawah 170 cm dipastikan bakal jinjit.

KTM 390 Adventure  KOMPAS.com/Gilang KTM 390 Adventure

Jalan aspal

Putar selongsong gas tarikannya cukup menjambak. Torsi mengalir mulus dari bawah dengan lancar. Asiknya torsi besar dari mesin 373,2cc yang serupa punya Duke 390 ini, tidak liar.

Di atas kertas 390 Adventure mengusung mesin 373,2cc, 4-tak, satu silinder. Diameter x langkah yaitu 89mm x 60mm mampu menghasilkan 43 tk pada 9.000 rpm dan torsi 37 nm pada 7.000 rpm.

Test ride KTM 390 AdventureFoto: Istimewa Test ride KTM 390 Adventure

Berada di jalan aspal, hal pertama dicoba ialah fitur quick shifter. KTM Indonesia memang tidak menyebut dari rpm berapa fitur ini dapat bekerja. Sehingga aplikasinya coba-coba saja dari 2.000 rpm sampai 5.000 rpm.

Hasilnya yang dirasakan pindah gigi di rpm 2.000 rpm terasa seperti sistem sedang membaca. Tapi semuanya lancar ketika putaran mesinnya sudah lebih tinggi.

Turun gigi juga terasa nyaman. Motor ini sudah dibekali slipper clutch yang membuat efek engine brake lebih halus, plus menimalisir roda belakang terkunci ketika kecepatannya dikurangi.

Test ride KTM 390 AdventureKOMPAS.com/Gilang Test ride KTM 390 Adventure

Trek tanah

Sebelum pindah ke jalur tanah Kompas.com mematikan fitur off road ABS agar mendapat rasa berkendara yang lebih baik.

Fitur ini sebetulnya bisa digunakan untuk semua kondisi jalan, baik aspal, pasir atau tanah. Selain itu membantu buat jalan dengan banyak tikungan karena memberikan pengereman yang lebih terprediksi.

Baca juga: Pilihan Motor Petualang Sekelas KTM 390 Adventure

Test ride KTM 390 AdventureFoto: Istimewa Test ride KTM 390 Adventure

Adapun fitur off road ABS tidak digunakan agar lebih mudah menguasai motor di jalan tanah. Fitur ini memungkinkan ABS roda belakang dimatikan saat kondisi jalan off road.

Turun ke trek tanah Kompas.com mencoba jalur buat adventure. Kondisi jalannya banyak jalur bergelombang, undakan-undakan kecil, dan jalur air yang merupakan habitat motor ini.

Dengan bobot 158 kg motor terasa nyaman melibas rintangan yang ada. Paduan ban depan belakang 19 inci dan 17 inci, serta suspensi WP Apex upside down di depan diameter 43mm dan belakang dengan jarak main 17,7cm jadi andalan melibas jalan bergelombang.

KTM 390 AdventureKOMPAS.com/Gilang KTM 390 Adventure

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com