Kendaraan Khusus Pengangkut Karyawan di Area Tambang, Manhauler

Kompas.com - 02/09/2020, 09:22 WIB
Manhauler Bus Tambang Delima Jaya Delima JayaManhauler Bus Tambang Delima Jaya

BOGOR, KOMPAS.com – Jalan yang ada di area tambang didominasi non aspal, sehingga membutuhkan mobil yang bisa melewati segala medan. Apalagi jika jalanannya basah, perlu kendaraan dengan kemampuan off road untuk melewatinya.

Minimal kendaraan yang digunakan di area tambang yaitu pikap dengan penggerak 4x4. Untuk mengangkut karyawan di area tambang, membutuhkan kendaraan 4x4 yang bisa membawa banyak penumpang, salah satunya yaitu manhauler.

Manhauler digunakan sebagai kendaraan pengangkut karyawan karena menggunakan basis truk heavy duty dengan penggerak 4x4. Salah satu karoseri yang membuat manhauler di Indonesia yaitu Delima Jaya di Bogor.

Baca juga: Menu MPV Murah Bekas di Bawah Rp 100 Juta

Manhauler Bus Tambang Delima JayaDelima Jaya Manhauler Bus Tambang Delima Jaya

Managing Director karoseri Delima Jaya, Winston Wiyanta mengatakan, model manhauler terdiri dari sasis truk dengan tambahan kabin yang ada di bagian belakang.

“Model kepala truknya tetap standar, karoseri membuat bodi belakangnya untuk membawa penumpang. Spesifikasi bodi yang dibuat juga tidak sembarangan, harus dengan material yang tahan banting,” ucap Winston kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tahan banting di sini maksudnya yaitu menggunakan struktur rangka yang kuat dan tersertifikasi roll over protection structure (ROPS) serta bodi yang terbuat dari aluminium yang awet dan anti karat. Lantai kabin menggunakan marine wood yang tahan air beserta sistem pembuangannya.

Baca juga: Ini Menu Sedan, MPV, dan SUV Bekas di Bawah Rp 50 Juta

Kondisi interior manhauler bus milik Delima Jaya. Kondisi interior manhauler bus milik Delima Jaya.

“Kemudian ada juga tambahan seperti kursi penumpang yang dilapisi anti karat, lampu sorot, rotator, alat pemadam, pengecetan bodi dengan cat khusus yang minim perawatan, dan penambahan bumper bull bar pada bagian depan dan belakang dan masih banyak lagi,” kata Winston.

Pilihan sasis yang digunakan tentunya yang memiliki kemampuan off road dengan pilihan penggerak roda 4x4, 6x4, dan 8x4. Selain perbedaan di roda yang bergerak, ukuran dimensi kendaraan dan jumlah kapasitas penumpang juga berbeda.

Selain manhauler, kendaraan karyawan di area tambang juga ada yang menggunakan medium bus dengan penggerak 4x4. Selain itu, ada juga yang menggunakan bus besar dengan sasis triple axle atau tronton sebagai angkutan karyawannya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X