Ternyata Ada Perbedaan KTM 390 Adventure Indonesia dengan Tipe Asia

Kompas.com - 02/09/2020, 08:22 WIB
KTM 390 Adventure  KOMPAS.com/GilangKTM 390 Adventure

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM 390 Adventure yang baru meluncur di Indonesia ternyata punya dua tipe, yaitu versi Eropa dan versi Asia. Adapun yang dijual di Tanah Air merupakan model Eropa.

Kristianto Goenadi, Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) KTM di Indonesia, mengatakan, perbedaan antara versi Eropa dan Asia yaitu di suspensi dan quick shifter plus.

"Bedanya suspensinya yang ini full adjustable depan belakang dan kemudian yang ini sudah quick shifter atas bawah," kata Kristianto yang ditemui di BSD, Tangerang, Senin (2/8/2020).

Baca juga: Imbas Pandemi, KTM Jaga Penjualan Tidak Drop Sampai 40 Persen

Perbedaan spek itu mau tak mau berpengaruh pada harga jual. Kristianto menyebut, untuk suspensi saja berbeda sekitar Rp 20 juta dari versi standar, sedangkan quick shifter mencapai Rp 5 juta.

KTM 390 AdventureKOMPAS.com/Gilang KTM 390 Adventure

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu untuk memangkas harga, 390 Adventure sudah dirakit di Indonesia di pabrik di Gresik, Jawa Timur. Sehingga banderolnya bisa ditekan menjadi Rp 119 juta on the road (OTR) Jakarta.

"Ini harga sudah kita hitung bahwa ini hitungan CKD maka bisa dibilang harganya kompetitif. Karena ini kita pakai spek Eropa, dengan harga dan spek itu sudah memperhitungkan biaya tadi," katanya.

Baca juga: Ini yang Bisa Bikin Harga Jual Mobil Bekas Terjun Bebas

Suspensi 390 Adventure yang versi Eropa ini bisa diatur tingkat kekerasannya. Spesifikasinya untuk depan pakai WP Apex dengan diamter 4,3 mm upside down yang dirancang untuk enduro dengan jarak main 17 cm.

KTM 390 Adventure resmi meluncurIstimewa KTM 390 Adventure resmi meluncur

Suspensi kanan dan kiri memiliki fungsi yang berbeda. Untuk kompresi redaman dipasang di sisi kiri, sementara rebound di sebelah kanan. 

Sedangkan suspensi belakang menggunakan WP Apex dengan jarak main maksimal 17,7 cm. Rebound damping dan spring preload juga dapat diatur sesuai keinginan. 

Adapun quick shifter merupakan fitur yang memungkinkan pengendara memindahkan gigi tanpa perlu menekan tuas kopling. Hal ini membantu pengendalian dan mendapat rasa berkendara yang berbeda.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X