Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Peran Penting Pedrosa yang Bikin KTM Sukses di MotoGP

Kompas.com - 01/09/2020, 14:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber MotoGP

SPIELBERG, KOMPAS.com - KTM mulai menjadi tim pabrikan yang diperhitungkan pada MotoGP musim 2020 usai memperoleh dua kemenangan di tiga sesi terakhir.

Brad Binder berhasil menduduki podium pertama di MotoGP Ceko sedangkan Miguel Oliviera menjadi yang terbaik pada MotoGP Styria. Tak hanya itu, Pol Espargaro juga sempat naik podium di periode sama.

Bos KTM Tech 3 Herve Poncharal mengungkapkan keberhasilan ini tak lepas dari peran besar Dani Pedrosa yang senantiasa membantu pengembangan motor serta pebalap sebagai pebalap tes.

Baca juga: Taktik KTM agar Bisa Kencang di MotoGP 2020

Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.motogp.com Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.

"Tes yang dijalankan tim benar-benar berkerja, KTM mengontrak salah satu pebalap terbaik yang juga hebat dalam pengembangan, yakni Dani Pedrosa," katanya dikutip laman resmi, Selasa (1/9/2020).

"Kami (KTM) meminta Perdosa mencoba segalanya yang ada di tim untuk kemudian dikembangkan bersama-sama. Saya tidak tahu apa yang dilakukan pebalap tes lain seperti Pirro, Lorenzo, hingga Bradl. Namun di KTM, informasi terbuka," lanjut Poncharal.

Ia juga menilai bahwa Pedrosa sangat aktif dalam melakukan pengetesan motor. Ketika sesuatu hal tidak berkerja dengan baik, pebalap veteran tersebut bakal langsung melaporkannya dan berusaha dengan maksimal untuk dibenahi.

"Perdosa sangat keras kalau ada sesuatu yang tidak beres. Hal ini membuat segalanya jadi lebih baik," kata Poncharal.

Selain Pedrosa, hal lain yang membuat KTM mampu melesat adalah keberanian mengambil risiko. "Terkadang itu bisa jadi batasan, namun kami membuat kemajuan dengannya," ujarnya lagi.

Baca juga: Rahasia Sasis Baja KTM yang Sempat Diragukan di MotoGP

Dani Pedrosa akhirnya jalani sesi tes menggunakan motor KTM RC16.Speedweek.com Dani Pedrosa akhirnya jalani sesi tes menggunakan motor KTM RC16.

Kendati demikian, Direktur KTM Motosport, Pit Breier, tidak ingin sesumbar karena musim ini belum berakhir. Dia tahu tidak bisa hanya mengandalkan sukses di GP Austria dan GP Styria, tetapi dia juga tidak peduli tim lain.

"Kami tidak terlalu banyak melihat ke kiri dan ke kanan," katanya kepada Speedweek.com.

Pit mengatakan, KTM mulai bisa kompetitif karena tim sudah mempersiapkan motor dengan sangat baik musim lalu. Tim menyelesaikan beberapa permasalahan motor dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kami telah menyelesaikan program pengembangan yang sangat intensif yang sekarang membuahkan hasil. Kami tertinggal dan harus mengejar ketinggalan secara teknis di beberapa area," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com