Mengenal Perbedaan Piggyback dan ECU Standalone

Kompas.com - 02/09/2020, 09:42 WIB
Piggyback Power Commander yang digunakan untuk memaksimalkan setelan bahan bakar. powercommander.comPiggyback Power Commander yang digunakan untuk memaksimalkan setelan bahan bakar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor sport identik dengan kecepatan. Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatannya adalah dengan menggunakan piggyback atau ECU standalone.

Piggyback atau ECU standalone khusus diciptakan untuk motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi. Tak banyak yang paham perbedaan kedua komponen aftermarket tersebut.

Baca juga: Kawasaki Ninja 250 Neo Tracker, Rombak Karakter Motor Sport

"Piggyback itu memanipulasi dari sensor-sensor yang ada pada throttle body. Banyak macamnya sih sebenarnya kalau piggyback. Bisa juga dari koil, ada juga dari massa. Intinya, manipulasinya tetap dari throttle body," ujar Freddy A. Gautama, pemilik Ultra Speed Racing, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Honda CBR250RR SP versi modifikasiKompas.com Honda CBR250RR SP versi modifikasi

Freddy menambahkan, motor masih menggunakan ECU standar. ECU tersebut dikecohkan dengan piggyback. Jadi, ECU membaca data throttle body yang sudah dimanipulasi.

"Kalau standalone, itu ganti ECU standar dengan ECU untuk balap. Berbeda dengan piggyback, standalone tidak memanipulasi apa-apa. Jadi, mapping pada mesin bisa disesuaikan oleh pengendara," kata Freddy.

Baca juga: Efek Samping Dongkrak Perfoma Mesin Mobil dengan Remapping ECU

Freddy menjelaskan, ECU standalone sudah pasti setting motor akan lebih enak, lebih akurat, timing pengapian juga bisa diatur, dan lainnya. Sebab, "otak" dari motor yang diganti.

"Piggyback kalau pemakaian sudah lama, kadang-kadang ada saja masalahnya. Dari segi harga, biasanya ECU standalone jauh lebih tinggi," ujar Freddy.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X