Upgrade Mesin Vespa Jangan Asal, Ketahui Dulu Kebutuhannya

Kompas.com - 31/08/2020, 15:01 WIB
vespa modifikasi karburator Kompas.com/Fathan Radityasanivespa modifikasi karburator

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik skuter matik ( skutik) Vespa alias Vespa 4-tak yang tak puas dengan performa yang dihasilkan mesin standarnya. Untuk itu, tak sedikit yang akhirnya melakukan upgrade pada bagian dapur pacunya.

Namun, sebagian pemilik Vespa tak paham akan konsekuensinya. Banyak di antaranya yang hanya mengikuti tren saja. Termasuk tren upgrade performa Vespa.

Baca juga: Piaggio Indonesia Luncurkan Vespa S 125 i-get, Dibanderol Rp 39 Juta

Meningkatkan performa mesin umumnya banyak dilakukan pemilik Vespa dengan tampilan balap alias racing look. Tak hanya sekadar mengganti knalpot saja, tapi juga menggunakan komponen aftermarket lainnya.

vespa turun mesinKompas.com/Fathan Radityasani vespa turun mesin

Ahmad Jayadi, pemilik bengkel AJM Skuter yang berada di daerah Cibubur, Jakarta Timur, mengatakan, sebaiknya para pemilik Vespa memahami dulu kebutuhannya sebelum melakukan upgrade performa pada skutiknya.

"Menaikkan performa pada motor Vespa berbeda dengan motor-motor lain. Karakter mesin kan memang berbeda-beda. Sebaiknya, bawa ke orang yang memang ahlinya. Jangan sampai jadi bahan trial and error," ujar Jayadi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Hanya Satu di Dunia, Vespa Primavera Edisi Kobe Bryant Dilelang

Mantan pebalap nasional tersebut mengatakan, dalam melakukan upgrade performa mesin Vespa berbeda-beda untuk setiap kebutuhannya.

"Jangan asal diubah, ketahui dulu kebutuhan dan keinginannya. Mau upgrade untuk apa? Apakah tarikan bawahnya kurang, mau torsi yang bagus, mau dipakai dalam kota, touring, kan itu semua berbeda-beda," kata Jayadi.

Ubahan yang sesuai dengan kebutuhannya tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal dan memberikan rasa puas saat mengendarainya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X