Terlihat Sepele, Ini Pentingnya Peran Kabel pada Audio Mobil

Kompas.com - 31/08/2020, 11:42 WIB
Paket hemat audio untuk mobil murah Aditya Maulana, KompasOtomotifPaket hemat audio untuk mobil murah

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlihat sepele, kabel pada sistem audio mobil memiliki peran penting.

CEO PT Audio Plus Indonesia Andreas Tjahjadi menjelaskan, selain speaker, head unit, hingga amplifier, bagian tersebut berguna untuk memaksimalkan output suara yang dihasilkan.

"Tanpa ada kombinasi yang pas antara kabel power, kabel RCA, dan kabel speaker, suara pada audio tidak akan maksimal. Rata-rata, output dari kabel-kabel itu 30 persen," katanya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ekspor AMMDes ke Nigeria Baru Tahap Uji Coba

Produk baru penunjang audio mobil LM-808 dari Kramat Motor.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Produk baru penunjang audio mobil LM-808 dari Kramat Motor.

"Kalau salah satunya diganti kabel lain atau bermasalah, suara high bisa mendem dan bass-nya juga bisa lebar atau pecah," lanjut Andre.

Andre menuturkan bahwa orang Indonesia kebanyakan masih menganggap hanya kabel RCA yang berpengaruh signifikan pada keluaran bunyi audio.

"Pandangan ini tidak benar, seluruh bagian penting tak terkecuali kabel termasuk kabel power. Oleh karenanya ada beberapa produk kabel khusus untuk audio, tak hanya bagian-bagian luar saja," kata dia.

Paket audio mobil sederhana, tapi sesuai selera.Donny Apriliananda Paket audio mobil sederhana, tapi sesuai selera.

Kendati demikian, ia tak menampik bahwa kualitas bunyi yang dihasilkan oleh audio banyak dipengaruhi oleh perangkat audio di luar kabel (lebih dari 30 persennya).

"Biasanya kalau mau ngatur pembelian untuk modifikasi audio mobil, 70 persen budget untuk beli perangkat dan 30 persen buat beli kabel. Ini harus ada keseimbangan dan jangan sepelekan pengaruh kabel untuk menciptakan output maksimal pada audio," kata Andreas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X