Ini Pentingnya Cek Komponen Mobil secara Rutin di Musim Hujan

Kompas.com - 29/08/2020, 16:02 WIB
seorang mekanik tengah melakukan pengisian oli mesin mobil di bengkel carfix carfixseorang mekanik tengah melakukan pengisian oli mesin mobil di bengkel carfix
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan pemeriksaan setiap komponen kendaraan roda empat penting dilakukan sebelum mobil digunakan untuk melakukan perjalanan.

Memasuki musim hujan, pengecekan setiap komponen disarankan untuk dilakukan lebih intens untuk mengantisipasi terjadinya kendala saat digunakan di tengah guyuran hujan.

Selain kesehatan mesin, ada sejumlah komponen lain yang juga perlu dipastikan kondisinya masih bagus.

Division Head After Sales & Biz Solution CARfix Indonesia Sigit Wahyu Anggoro mengatakan, perlu adanya persiapan agar mobil tetap prima saat digunakan di musim hujan.

Baca juga: SIM Bisa Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan, Ini Syaratnya

“Kita kan tidak pernah tahu kapan hujan akan turun, makanya perlu mempersiapkan kondisi kendaraannya,” kata Sigit kepada Kompas.com, Sabtu (29/8/2020).

Ilustrasi servis mobilDOK. PEXELS Ilustrasi servis mobil

Sigit menambahkan, ada sejumlah komponen yang perlu dicek kondisinya, seperti bagian lampu atau penerangan, wiper, ban, bagian kontrol, serta bagian yang lainnya.

Untuk bagian lampu, Sigit menyarankan agar pemilik kendaraan memastikan semua fungsi berjalan normal.

“Pastikan semua lampu berfungsi normal, cek kondisi bola lampu, baik lampu jauh maupun lampu dekatnya juga,” ujar Sigit.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa KTP Jadi Syarat Saat Bayar Pajak Kendaraan

Selain itu, kondisi ban juga wajib dipastikan masih dalam keadaan bagus atau belum aus. Pasalnya, jika kondisi ban sudah gundul maka potensi tergelincir atau slip juga akan lebih besar.

“Periksa juga kondisi ban, tekanan angin dan alur ban. Pastikan tekanan udara sudah sesuai standar dan alur serta ketebalannya masih bagus,” ucapnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X