Alasan Pabrikan Tak Merekomendasi Konsumen Memodifikasi Mobil

Kompas.com - 29/08/2020, 14:21 WIB
Modifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 KOMPAS.com/RulyModifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik mobil yang senang melakukan modifikasi pada kendaraannya. Namun, tak banyak yang sadar bahwa sebenanya hal tersebut tidak direkomendasikan oleh beberapa pabrikan.

Sebab, modifikasi yang dilakukan bisa saja menggugurkan garansi yang diberikan. Ada beberapa alasan lainnya mengapa pihak pabrikan menyarankan pemilik mobil untuk tidak memodifikasi mobilnya.

Baca juga: Bicara Modifikasi Interior Mobil yang Proper

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, pihak pabrikan lebih menekankan pada bagian kelistrikan, jika ada penambahan aksesori.

Suzuki Carry Fluz Concept di IMX 2019 Suzuki Carry Fluz Concept di IMX 2019

"Sebab, pihak pabrikan tidak mengetahui apakah penambahan aksesori tersebut melakukan penyuntikan kabel, menambah kabel, dan lainnya," ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi menambahkan, dari pabrikan sudah punya standar, kabel yang digunakan itu bisa menampung beban seberapa besar. Kalau ada kabel yang kelebihan beban, lalu menjadi panas, terus meleleh, dampaknya bisa ke mana-mana, mulai dari korsleting hingga kebakaran.

Baca juga: Ambil Tema Drifting, Ini Jawaran Modifikasi Virtual Honda Brio 2020

"Hal yang kita hindari itu kalau terjadi kerusakan atau kebakaran yang diakibatkan modifikasi yang dilakukan pihak lain, lalu klaimnya ke pihak pabrikan," kata Didi.

Menurut Didi, saat terjadi kebakaran pada mobil, biasanya yang dipertanyakan adalah kualitas produksi dari pihak pabrikannya. Tapi, tentunya pihak produsen juga akan melakukan investigasi terlebih dahulu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X