Kompas.com - 28/08/2020, 15:21 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadirnya Seltos sebagai SUV baru Kia di Indonesia, ternyata membawa angin segar. Pasalnya, sejak pertama diluncurkan hingga saat ini, PT Kreta Indo Artha mengklaim Seltos sudah mendominasi penjualan Kia di Indonesia.

Meski tak merincikan jumlahnya, namun Marketing and Developemnt Division Head PT Kreta Indo Artha Ario Soerjo, mengatakan sampai dengan Juli 2020, sekitar 400 unit produknya sudah terjual. Dari jumlah tersebut, Seltos paling mendominasi dan jadi tulang punggung Kia.

"Sampai Juli 400 unit dan 75 persen itu Seltos. Lalu sekitar 10 persen K27 Big-Up, lalu sisanya itu terbagi mulai dari Rio, Picanto, dan Sedona juga," ucap Ario dalam diskusi virtual bersama forum wartawan otomotif, Kamis (27/8/2020).

Baca juga: SUV Kompak Korea Kia Sonet, Calon Penantang Raize dan Rocky

Ario menjelaskan kondisi pandemi memang sedikit mengubah strategi Kia di Indonesia. Secara penjualan, kini lebih digenjot jalur digital lantaran banyak masyarakat yang lebih aktif memainkan ponsel, dan ini pun diklaim mendatangkan hasil yang signifikan.

Kia SeltosKOMPAS.com/Ruly Kia Seltos

Dari total penjualan Kia saat ini, kurang lebih terdapat 20 persen dari aktivitas digital marketing. Namun memang secara proses closing-nya masih dalam bentuk fisik, begitu juga untuk layanan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Saat ini sendiri, menurut Ario pihaknya fokus pada pengembangan jaringan seperti yang sudah ditargetkan sebelumnya. Secara total saat ini sudah ada 22 diler 3S dan 10 bengkel Kia.

"Dengan rencana yang ada, mungkin bisa menyentuh 40 lokasi di Indonesia, kalau ditanya kenapa agresif karena memang dengan membuka diler baru ini bisa melayani konsumen lebih mudah lagi," ucap Ario.

Baca juga: Jajal Mesin Turbo Kia Seltos, Nyaman Digunakan Harian?

test drive Kia SeltosIstimewa test drive Kia Seltos

"Jadi secara investasi kami juga tidak hanya jangka pendek tapi panjang. Sesuai dengan rencana jangka panjang kami nantinya tujuannya adalah assembling di Indonesia," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.