Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Spesifikasi Yamaha MT-09 yang Baru Meluncur

Kompas.com - 28/08/2020, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia resmi meluncurkan Yamaha MT-09 versi 2020. Motor naked yang didatangkan utuh dari Jepang ini dibanderol Rp 290 juta on the road (OTR) Jakarta.

Sama seperti keluarga MT-Series yang lain desain MT-09 punya garis merah yang sama. Bedanya ialah penampilan MT-09 memang lebih kekar, terlihat dari lampu depan yang beringas.

MT-09 dibangun dengan crossplane crankshaft yaitu teknologi crankshaft Yamaha yang mengadopsi teknologi dari YZR-M1. Konstruksi crossplane pada MT-09 adalah jarak crank pin 120 derajat.

Baca juga: Simak Cara Aman Mendahului Kendaraan di Jalan Tol, Wajib Lewat Kanan

Yamaha MT-09 Yamaha MT-09

Crossplane membuat interval pembakaran di dalam mesin menjadi lebih dekat sehingga mengeliminir daya inersia yaitu daya yang terjadi setelah pembakaran, sehingga torsi pembakaran dan torsi kombinasi menjadi linear.

Dengan konstruksi crossplane ledakan di ruang bakar menjadi lebih rapat. Hasilnya tenaga yang dihasilkan lebih selaras dengan putaran throttle, menyajikan performa dan akselerasi maksimal.

MT-09 memiliki tiga mode berkendara yang terletak pada satu tombol di stang kanan. Pertama Mode Standard yang sesuai untuk berbagai kondisi jalan, Mode A untuk mendapatkan respon mesin yang lebih cepat pada rpm rendah sampai medium, dan Mode B untuk respon yang lebih lembut.

Yamaha MT-09 Yamaha MT-09

Yamaha juga membenamkan Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT), yakni sistem kontrol throttle (fly by wire) yang berfungsi mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin lebih presisi atau sesuai kebutuhan agar performa maksimal.

Untuk mendukung akselerasi lebih cepat pada MT-09 disematkan QSS agar perpindahan gigi (shifting-up) lebih mudah dan cepat tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling.

MT-09 juga sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling.

Baca juga: Pengendara Wajib Paham, Rambu Warna Hijau dan Biru Beda Artinya

Yamaha MT-09 Yamaha MT-09

Adapun Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah torsi balik ke mesin dari roda belakang saat deselerasi atau perlambatan kecepatan.

Fitur Assist & Slipper Clutch juga membuat pengendara lebih percaya diri saat melakukan down shift atau menurunkan gigi secara cepat saat memasuki tikungan.

Kemudian ada Traction Control System (TCS) yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

MT-09 ditunjang suspensi Upside Down Full Adjustable yang menjadikan handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara.

MT-09 mengusung mesin 847 cc 4-stroke, DOHC, 12 Valves, berpendingin cairan. Diameter x langkah 78 x 59,1 mm dan kompresi 11,5 : 1 menghasilkan 115 PS pada 10.000 rpm dan torsi 87,5 Nm pada 8.500 rpm

Spesifikasi Yamaha MT-09

Mesin
Tipe mesin: Liquid cooled, 4-stroke, DOHC, 12 Valves
Susunan Silinder: 3-Cylinder dan In-Line
Diameter x langkah: 78 x 59,1 mm
Kompresi: 11,5 : 1
Volume silinder: 847 cc
Daya maksimum: 115 PS (84,6 kW) / 10000 rpm
Torsi maksimum: 87,5 Nm / 8500 rpm
Sistem starter: Starter Elektrik
Sistem pelumasan: Wet-Sump
Kapasitas oli mesin: 3.4 Liter
Sistem bahan bakar: Fuel Injection
Tipe kopling: Multi Wet Clutch, Assist And Slipper Clutch
Tipe transmisi: Manual, 6 Speed
Dimensi
P X L X T: 2075 x 815 x 1120 mm
Jarak sumbu roda: 1440 mm
Jarak terendah ke tanah: 135 mm
Tinggi jok: 820 mm
Berat Isi: 193 Kg
Kapasitas tangki bensin: 14 Liter
Rangka
Tipe rangka: Diamond
Suspensi depan: Telescopic (Inverted)
Suspensi belakang: Swing Arm
Ban depan: 120/70 ZR17M/C (58W)
Ban belakang: 180/55 ZR17M/C (73W)
Rem depan: Double Disc
Rem belakang: Single Disc
Kelistrikan
Siste pengapian: TCI
Tipe baterai: YTZ10S
Tipe busi: CPR9EA-9

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com