Simak Spesifikasi Yamaha MT-09 yang Baru Meluncur

Kompas.com - 28/08/2020, 14:01 WIB
Yamaha MT-09 Yamaha MT-09
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia resmi meluncurkan Yamaha MT-09 versi 2020. Motor naked yang didatangkan utuh dari Jepang ini dibanderol Rp 290 juta on the road (OTR) Jakarta.

Sama seperti keluarga MT-Series yang lain desain MT-09 punya garis merah yang sama. Bedanya ialah penampilan MT-09 memang lebih kekar, terlihat dari lampu depan yang beringas.

MT-09 dibangun dengan crossplane crankshaft yaitu teknologi crankshaft Yamaha yang mengadopsi teknologi dari YZR-M1. Konstruksi crossplane pada MT-09 adalah jarak crank pin 120 derajat.

Baca juga: Simak Cara Aman Mendahului Kendaraan di Jalan Tol, Wajib Lewat Kanan

Yamaha MT-09 Yamaha MT-09

Crossplane membuat interval pembakaran di dalam mesin menjadi lebih dekat sehingga mengeliminir daya inersia yaitu daya yang terjadi setelah pembakaran, sehingga torsi pembakaran dan torsi kombinasi menjadi linear.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan konstruksi crossplane ledakan di ruang bakar menjadi lebih rapat. Hasilnya tenaga yang dihasilkan lebih selaras dengan putaran throttle, menyajikan performa dan akselerasi maksimal.

MT-09 memiliki tiga mode berkendara yang terletak pada satu tombol di stang kanan. Pertama Mode Standard yang sesuai untuk berbagai kondisi jalan, Mode A untuk mendapatkan respon mesin yang lebih cepat pada rpm rendah sampai medium, dan Mode B untuk respon yang lebih lembut.

Yamaha MT-09 Yamaha MT-09

Yamaha juga membenamkan Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT), yakni sistem kontrol throttle (fly by wire) yang berfungsi mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin lebih presisi atau sesuai kebutuhan agar performa maksimal.

Untuk mendukung akselerasi lebih cepat pada MT-09 disematkan QSS agar perpindahan gigi (shifting-up) lebih mudah dan cepat tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling.

MT-09 juga sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling.

Baca juga: Pengendara Wajib Paham, Rambu Warna Hijau dan Biru Beda Artinya

Yamaha MT-09 Yamaha MT-09

Adapun Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah torsi balik ke mesin dari roda belakang saat deselerasi atau perlambatan kecepatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.