Honda Melempem karena RC213V Dirancang Hanya untuk Marquez

Kompas.com - 27/08/2020, 09:42 WIB
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. AFP/JAVIER SORIANOPebalap Repsol Honda, Marc Marquez.

CERVERA, KOMPAS.com - Tanpa Marc Marquez tim Repsol Honda tak berdaya di lima seri MotoGP 2020. Hal ini seolah menegaskan argumen bahwa Honda memang hanya fokus mengembangkan motor untuk Marc.

Sebelum pensiun akhir 2019 Jorge Lorenzo sempat frustasi mengendarai Honda RC213V. Tahun lalu, Cal Crutchlow, pebalap tim satelit LCR Honda pun pernah berkata motornya sulit untuk dijinakkan.

Marc yang mendapat tudingan seperti itu mengatakan bahwa Honda RC213V tidak hanya dibuat berdasarkan ''pesanannya.'' Nyatanya kata Baby Alien, Honda juga memikirkan pebalapnya yang lain.

Baca juga: Reaksi Rossi, Dovizioso, dan Zarco Soal Absennya Marc Marquez

Takaaki NakagamiFoto: Autosport Takaaki Nakagami

"Selalu dikatakan bahwa Honda dibuat untuk saya, tetapi semua pebalap mencoba bagian yang sama dan kami semua memberikan komentar yang sama," katanya mengutip GPOne.com, Kamis (27/8/2020).

Marc mengatakan Honda adalah Honda. Pada dasarnya semua motor sulit dikendarai. Tapi dia adalah pebalap yang tak mudah menyerah. Dia melakukan semuanya, termasuk menyesuaikan gaya balapnya.

"Saya adalah pebalap pertama yang menginginkan motor yang jauh lebih serbaguna, saya menyesuaikan dengan gaya (balap) yang berbeda sehingga motor lebih mudah untuk dikendarai, tapi Honda adalah Honda," katanya.

Baca juga: Marc Marquez Relakan Gelar Juara Dunia ke Quartararo atau Dovi

Alex Marquez pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez.@AlexMarquez73 Alex Marquez pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez.

Marc yang memutuskan absen lebih lama sekitar dua atau tiga bulan lagi mengatakan, saat ini pun pebalap Honda sudah mulai bagus. Buktinya Takaaki Nakagami bisa tampil cepat dan percaya diri di GP Styria.

"Mungkin sekarang Nakagami yang mendorong. Saya tahu dia sering melihat data saya, dia selalu melakukannya tetapi sekarang jadi berfungsi. Tapi pebalap Honda lainnya terus menderita, bukan hanya saudara saya," katanya.



Sumber GPone
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X