Simak Keuntungan Ban Berisi Nitrogen saat Panas Terik

Kompas.com - 26/08/2020, 19:11 WIB
Pengisian nitrogen untuk ban Pengisian nitrogen untuk ban

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas terik belakangan ini terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Kondisi tersebut tentu memengaruhi keadaan kendaraan, salah satunya ban.

Sebab, ban merupakan komponen pada kendaraan yang bersentuhan langsung dengan aspal. Permukaan aspal yang panas dapat memengaruhi tekanan udara di dalamnya.

Baca juga: Bikin AC Mobil Tetap Dingin Saat Cuaca Panas, Wajib Cek Komponen Ini

Panji Ardiansyah, Technical Support PT Multistrada Arah Sarana selaku produsen ban Achilles, mengatakan, nitrogen memiliki banyak molekul positif. Sehingga, bagus untuk mengisi ruang pada ban.

Salah satu outlet pengisian ban dengan nitrogen yang ada di salah satu SPBU Pertamina di Jalan Margonda, Depok, Kamis (8/2/2018). Tampak peralatan pengisian terdiri dari mesin generator dan tabung kompresor.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu outlet pengisian ban dengan nitrogen yang ada di salah satu SPBU Pertamina di Jalan Margonda, Depok, Kamis (8/2/2018). Tampak peralatan pengisian terdiri dari mesin generator dan tabung kompresor.

"Pengisian dengan nitrogen bagus untuk ban, karena menurunkan percepatan kenaikan temperatur tekanan angin saat kendaraan melaju. Membantu ban dalam menghadapi heat build up," ujar Panji, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Helmy Amri, Kepala Toko Planet Ban di daerah Depok, Jawa Barat, juga mengatakan, udara biasa di dalam ban dapat memuai saat cuaca panas. Sehingga, tekanan udara pada ban tersebut meningkat dan membuat ban lebih keras.

Baca juga: Efek Balapan di Cuaca Panas bagi Pebalap MotoGP, Berat Badan Susut

"Dengan mengisi nitrogen pada ban, maka tekanan ban menjadi lebih stabil, tidak mudah memuai dan mengempis. Sehingga, ban juga menjadi lebih awet," kata Helmy.

Sekarang ini, pengisian nitrogen untuk ban mobil dan motor sudah semakin mudah ditemukan. Hampir di setiap pom bensin terdapat kios khusus ban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.