Bikin AC Mobil Tetap Dingin Saat Cuaca Panas, Wajib Cek Komponen Ini

Kompas.com - 18/07/2020, 13:42 WIB
ac mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniac mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Guna menjaga suhu dingin AC mobil, Anda harus memastikan komponennya bekerja dengan baik. Salah satu yang membuat kinerja AC terganggu adalah filter AC yang kotor.

Kelvin Ong, Business Development Rotary Bintaro, mengatakan, kondisi filter yang kotor membuat kerja AC tak bisa maksimal, sampai menjadi kurang dingin. Terutama saat dipakai pada siang hari yang panas.

Sesuai dengan fungsi utamanya, filter AC berperan untuk menyaring udara yang akan diisap blower menuju evaporator AC.

Baca juga: Ini Jenis Pelanggaran yang Diincar Polisi Saat Operasi Patuh Jaya 2020

Evaporator AC mobilFoto: Dokter Mobil Evaporator AC mobil

Tanpa menggunakan filter, debu-debu serta kotoran lainnya dapat menutup permukaan luar pipa evaporator.

Kondisi ini secara langsung dapat membuat semburan AC menjadi lemah, karena filter AC yang terdapat di dalam kabin sudah dipenuhi debu.

“Kalau sudah ada tanda-tanda AC mulai tidak dingin atau semburannya terasa kurang kencang, sebaikya kita cek kondisi filternya dulu,” ucap Kelvin, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pajero Sport Edisi Mewah Menyapa Fortuner Legender

filter ac mobilmotoris.id filter ac mobil

Filter AC biasanya terletak di dalam kabin mobil. Posisinya terdapat di balik laci atau dasbor. Anda bisa membuka penutup laci, untuk mengakses filter AC.

Kelvin mengatakan, filter yang sudah kotor dapat dibersihkan. Namun tak sedikit juga filter AC mobil yang harus diganti jika sudah kotor.

Buat filter AC yang bisa dibersihkan, biasanya harus menggunakan kompresor angin. Sebab bahan penyusun filter umumnya terbuat dari kertas, yang rusak bila terkena air.

“Lebih baik ganti dengan yang baru, terutama kalau sudah memasuki interval 30.000 km. Murah kok sekitar Rp 100.000 sampai Rp 300.000,” ujar Kelvin.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X