Daftar SIM Online tapi Tak Jadi Datang, Uang Hangus atau Tidak?

Kompas.com - 26/08/2020, 15:42 WIB
Smart SIM KOMPAS.com/GilangSmart SIM
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini masyarakat yang ingin membuat SIM bisa melakukan registrasi secara online. Selain lebih menghemat waktu, cara ini diklaim lebih aman dalam rangka mencegah penularan Covid-19 di lokasi Satpas SIM.

Pendaftaran SIM secara online bisa dilakukan kapapun dan di mana saja, lewat perangkat seperti smartphone, komputer atau laptop yang sudah terhubung dengan jaringan internet.

Menariknya dengan melakukan registrasi secara online, Anda bisa menentukan waktu kedatangan sesuai dengan kemauan. Namun karena kesibukan tak sedikit yang harus batal mengurus SIM.

Baca juga: Jumlah Recall Innova dan Fortuner 1.633 Unit, Ini Akar Masalahnya

Korlantas Polri resmi meluncurkan registrasi SIM online dan SIM PintarKompas.com/Dio Korlantas Polri resmi meluncurkan registrasi SIM online dan SIM Pintar

Lantas, apakah uang yang sudah dipakai untuk biaya pendaftaran SIM secara online akan hangus?

AKP Lalu Hedwin Hanggara, Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, mengatakan, uang untuk biaya pendaftaran tersebut akan dikembalikan kepada pemiliknya.

"Dalam jangka tiga puluh hari kalender dari tanggal kedatangan, biaya PNBP SIM akan dikembalikan secara otomatis ke rekening pengembalian yang telah ditentukan oleh pemohon," ujar Hedwin, kepada Kompas.com (25/8/2020).

Baca juga: Soal Jatah Mesin Terpakai di MotoGP, Posisi Yamaha Mengkhawatirkan

Pelayanan perpanjangan, pembuatan baru SIM di Satpas SIM Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (30/5/2020)Dokumentasi Satpas SIM Daan Mogot Pelayanan perpanjangan, pembuatan baru SIM di Satpas SIM Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (30/5/2020)

Artinya, pemohon SIM yang ingin melakuka registasi secara online tidak perlu ragu. Silakan tentukan jadwal kedatangan sesuai keinginan.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk registrasi SIM online:

1. Pertama, buka situs registrasi online pada laman sim.korlantas.polri.go.id.
2. Lalu pilih "Pendaftaran SIM Online" di halaman depan.
3. Isi data permohonan (jenis permohonan, golongan SIM, Polda kedatangan, Satpas kedatangan untuk ujian).
4. Isi data diri secara lengkap termasuk Nomor Induk Kependudukan.
5. Kemudian isi data keadaan darurat.
6. Konfirmasi data yang telah diisi sebelumnya.
7. Pilih metode pembayaran pembuatan atau perpanjangan SIM yang tersedia.
8. Selanjutnya Anda bisa memilih tanggal kedatangan ke Satpas (khusus perpanjangan SIM, jangan memilih tanggal kedatangan melebihi masa berlaku SIM Anda).
9. Dan isi rekening pengembalian dana (dana pendaftaran akan dikembalikan bila pemohon mengundurkan diri ataupun tidak lolos dalam mengikuti ujian).
10. Setujui pendaftaran SIM online.
11. Nah, berikutnya Anda tinggal datang ke kantor Satpas yang telah dipilih saat registrasi.
12. Jalani pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan surat keterangan sehat jasmani serta rohani.
13. Melakukan foto dan pengambilan sidik jari.
14. Selanjutnya ujian praktek untuk menguji keterampilan dalam berkendara.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X