MotoGP Styria Antarkan Oliviera Jadi Pemenang Ke-900 Kelas Premier

Kompas.com - 24/08/2020, 09:22 WIB
Pebalap Miguel Oliveira dari KTM Tech 3 MotoGP mengalami kecelakaan karena angin di Sirkuit Philiip Island autosport.comPebalap Miguel Oliveira dari KTM Tech 3 MotoGP mengalami kecelakaan karena angin di Sirkuit Philiip Island
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Miguel Oliveira tak hanya sekadar sukses menjuarai laga MotoGP Styria 2020. Pebalap asal Portugal itu pun berhasil menyandang gelar bahkan menorehkan sejarah baru, lantaran menjadi pebalap yang memenangkan ajang ke-900 balap motor kelas premier.

Kompetisi yang berlangsung di Red Bull Ring pada Minggu (23/8/2020) itu, memang menjadi momen perayaan ke-900 kalinya kelas premier balap motor dunia digelar yang perjalanannya sudah dimulai pada 1949.

Untuk merayaka, MotoGP juga sempat menayangkan video singkat mengenai perjalanan kelas premier yang pertama kali dijuarai oleh Harol Daniell dengan mengunakan Norton.

Baca juga: Hasil MotoGP Styria, Drama Tikungan Terakhir Miguel Oliveira Juara

 

Juara ke-700 dan ke-800, ditempati oleh Jorge Lorenzo, sementaran Andrea Dovizioso menjadi pemenang ke-899 pada gelaran MotoGP Austria pekan lalu. Secara total, sudah ada 111 pebalap berbeda yang berhasil memperoleh podim sejak kelas premier dibuka pada 71 tahun lalu.

Menariknya, berdasarkan catatan, ternyata pebalap terbanyak yang menorehkan kemenangan adalah Valentino Rossi. Pebalap yang dikenal dengan sebutan The Doctor itu berhasil mengantongi 89 kemenangan pada laga balap motor paling bergengsi.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Styria, Oliveira Geser Morbidelli

 

Posisi kedua ditempati oleh pebalap legendaris, yakni Giacomo Agustini dengan catatan kemenangan sebanyak 69 kali. Setelah itu ada Marck Marquez dari Repsol Honda yang menempati urutan ketiga dengan kemenangan 56 kali.

Sementara keempat ditempati pebalap legendaris Repsol Honda, yakni Mick Doohan, dengan 54 kali rekor kemenangan. Setelah itu, pada urutan ke lima ada Lorenzo dengan 47 kemenangan dan Casey Stoner 38 kemenangan.

Baca juga: Menang MotoGP Styria, Miguel Oliveira Bawa Pulang BMW M4

 

Seperti diketahui, Oliviera berhasil menjadi juara setelah memanfaatkan drama pertarungan Pol Espargaro dan Jack Miller di putaran akhir. Pebalap Red Bull KTM Tech3 itu pun berhasil mengasapi keduannya bahkan membawa pulang hadiah BMW M4 generasi baru.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X