Mengendarai Motor Sambil Dengarkan Musik Bahaya, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 24/08/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi berkendara ISTIMEWAIlustrasi berkendara
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendengarkan musik mungkin sudah menjadi aktivitas yang lumrah dilakukan oleh setiap orang, baik saat santai maupun tengah beraktivitas.

Musik memang mempunyai efek positif, salah satunya untuk memberikan semangat dalam melakukan kegiatan termasuk bekerja.

Tetapi, tidak setiap aktivitas diperbolehkan untuk mendengarkan musik. Hal ini karena mendengarkan alunan lagu bisa juga memberikan dampak yang kurang baik.

Salah satunya saat mengendarai sepeda motor di jalan raya. Berkendara kendaraan roda dua di jalan raya sudah sepatutnya untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Baca juga: Antisipasi Kebakaran, Perlukah Menyimpan APAR di Mobil?

Selain itu, pengendara juga harus berkonsentrasi terhadap kondisi lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Ilustrasi seorang wnaita mendengarkan musik sembari tidurdemaerre Ilustrasi seorang wnaita mendengarkan musik sembari tidur

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto mengatakan, mendengarkan musik menggunakan headset saat berkendara memang memiliki efek positifnya.

Seperti meningkatkan rasa percaya diri, ketenangan hati, mengembalikan konsentrasi dan juga efek positif lainnya.

“Tetapi, hal positif tersebut tidak optimal bahkan memiliki potensi untuk terjadinya hal-hal yang merugikan pengendara jika dilakukan sambil mengendarai sepeda motor,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Penyebab Mesin Mobil Overheat, Salah Satunya karena Tutup Radiator

Maka dari itu, Oke menambahkan, berkendara dengan menikmati musik sangat tidak dianjurkan dengan mempertimbangkan besarnya potensi kerugian yang bisa terjadi.

“Mempertimbangkan gerakan sepeda motor lebih dinamis dibanding mobil, sehingga memusatkan konsentrasi dan waspada pengendara motor lebih harus ditingkatkan,” katanya.

Menggunakan earphone di jalan sangat membahayakan.Blisstree Menggunakan earphone di jalan sangat membahayakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X