Tata Cara Razia Kendaraan yang Benar Menurut Peraturan

Kompas.com - 21/08/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi razia motor oleh polisi. KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALIlustrasi razia motor oleh polisi.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekaman video memperlihatkan oknum polisi di Bali, yang diduga melakukan pemerasan terhadap turis Jepang, viral di media sosial.

Peristiwa itu terjadi saat polisi melakukan razia kendaraan di jalur Denpasar-Gilimanuk, wilayah Pekutatan, Jembrana, Bali, pada pertengahan 2019.

Dalam video itu, terlihat oknum polisi menghentikan sepeda motor yang dikendarai turis Jepang. Setelah diperiksa suratnya lengkap, tapi lampunya tidak menyala pada siang hari.

Baca juga: Ragam Tombol yang Ada pada Dasbor Bus

Karena lampunya mati, oknum polisi itu kemudian dengan menggunakan bahasa Inggris meminta Rp 1 juta kepada yang bersangkutan sebagai bentuk denda.

Tangkapan video dugaan oknum polisi tilang turis Jepang Rp 1 JutaIstimewa Tangkapan video dugaan oknum polisi tilang turis Jepang Rp 1 Juta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal prosedur mengenai tata cara tilang diatur dalam PP Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan atau PP Tilang.

Penyelengaraan tilang dan penilangan tidak bisa sembarangan. Salah satunya, yakni polisi yang memberhentikan pelanggar wajib menyapa dengan sopan serta menunjukan jati diri dengan jelas.

Baca juga: Baru Meluncur, Innova TRD Sportivo Diguyur Diskon Puluhan Juta Rupiah

Polisi harus menerangkan dengan jelas kepada pelanggar apa kesalahan yang terjadi, pasal berapa yang telah dilanggar, dan tabel berisi jumlah denda yang harus dibayar oleh pelanggar.

Prosedur cara tilang yang diatur dalam PP Tilang:

Petugas Pemeriksa

- Pasal 9 Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dilakukan oleh:
a. Petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia ; dan
b. Penyidik Pegawai Negeri Sipil di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X