Adiputro Menciptakan Konsep New Normal Bus

Kompas.com - 20/08/2020, 09:22 WIB
Partisi antar penumpang instagram/ilesbusPartisi antar penumpang

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren bus dengan konfigurasi 1-1-1 atau biasa dikenal dengan social distancing bus sudah dilakukan oleh beberapa karoseri seperti Laksana, Tentrem, dan Trisakti. Sekarang, Adiputro juga meluncurkan konsep yang serupa.

Konsep yang dimiliki oleh Adiputro dinamai New Normal Bus. Secara umum, konfigurasi kursi yang diterapkan sama dengan karoseri lain, yaitu 1-1-1. Namun bedanya, pada setiap bangku diberikan penyekat dari mika bening.

Posisi bangku penumpang di kabin dapat disusun sesuai dengan protokol kesehatan, yaitu dengan adanya jarak antar penumpang. Selain itu, adanya mika bening di antar bangku diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan lebih.

Baca juga: Antisipasi Jasa Marga Hadapi Lonjakan Lalu Lintas pada 1 Muharam

 

Bisa dikatakan, bus buatan Adiputro pertama yang menerapkan konfigurasi bangku 1-1-1 yaitu bus pariwisata PO Surya Putra. Ubahan yang dilakukan hanya sekadar mengganti konfigurasi bangkunya saja.

Lalu nampaknya Adiputro memberikan pilihan bagi yang ingin menambahkan mika bening pada setiap bangkunya. Mika bening yang dipasang nampaknya disambung dengan rangka kursi dan dipasang pada sisi kanan, kiri, dan belakang.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Nitrogen Pantang Dicampur dengan Udara pada Ban?

Perlu diingat, adanya penambahan mika bening ini perlu dilakukan adaptasi pada penumpang. Seperti yang dikatakan Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya. Dimas mengatakan, ruang gerak penumpang jadi terbatas karena adanya sekat ini.

“Pasti penumpang belum terbiasa. Selain itu, kepala juga bisa terbentur dengan partisi jika sedang tidur lalu bus melakukan manuver,” kata Dimas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X