Banyak Pemudik Belum Kembali ke Jakarta, Minggu Diprediksi Macet

Kompas.com - 20/08/2020, 07:02 WIB
Jasa Marga pantau arus Mudik Libur Hari Kemerdekaan dan Tahun Baru Islam. Jasa MargaJasa Marga pantau arus Mudik Libur Hari Kemerdekaan dan Tahun Baru Islam.

JAKARTA, KOMPAS.com – Libur panjang yang bertepatan dengan momentum hari Kemerdekaan RI ke-75 dan Tahun Baru Islam 1442 H banyak dimanfaatkan orang untuk pulang kampung atau sekadar berlibur ke sejumlah daerah.

Pada hari H dan H+1 libur panjang (17-18 Agustus 2020), PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 293.209 kendaraan telah kembali menuju Jakarta.

Jumlah total kendaraan pada arus balik ini hanya sebesar 58,8 persen kendaraan yang keluar Jakarta pada periode 3 hari arus mudik HUT RI Ke-75 lalu (14-16 Agustus 2020).

Baca juga: Penjualan SUV Murah Juli 2020, Suzuki XL7 Geser Toyota Rush

Jasa Marga mulai lakukan contraflow di CikampekJasa Marga Jasa Marga mulai lakukan contraflow di Cikampek

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, mengatakan, hampir setengah dari jumlah total kendaraan mudik belum kembali ke Jakarta dan memiliki potensi besar untuk kembali serentak pada Minggu (23/08).

"Masih ada 41,2 persen yang belum kembali ke Jakarta, belum lagi ditambah dengan kendaraan yang akan melakukan mudik gelombang kedua hari ini dalam rangka libur Tahun Baru Islam 1442 H, Rabu (19/08),” ujar Dwimawan, dalam keterangan tertulis (19/8/2020).

Baca juga: Muncul Varian TRD Sportivo, Berapa Harga Kijang Innova Bekas?

Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Dwimawan mengatakan, para pemudik disarakan untuk tidak kembali ke Jakarta secara bersamaan pada hari Minggu tersebut.

“Nantinya, seluruh kendaraan mudik dalam periode libur panjang Agustus 2020 kami prediksi akan kembali di hari Minggu (23/08) yang merupakan puncak arus balik,” katanya.

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1442 H, Heru menjelaskan bahwa hari ini Rabu (19/08) juga kembali diprediksi terjadi lonjakan kendaraan keluar Jakarta.

Volume lalu lintas (lalin) keluar Jakarta kumulatif GT Barrier/Utama pada hari ini diprediksi sebesar 191.434 kendaraan atau naik 63,6 persen jika dibandingkan dengan lalin normal.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X