Apa Benar Ban Mobil Harus Ganti 5 Tahun Sekali?

Kompas.com - 20/08/2020, 08:42 WIB
ban mobil baru Kompas.com/Fathan Radityasaniban mobil baru

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban pada mobil merupakan komponen yang penting dalam menunjang keselamatan. Ban yang sudah botak, sebaiknya jangan digunakan lagi karena malah bisa membahayakan.

Kemudian, bahan ban yang terbuat dari karet kadang membuat kekhawatiran akan berapa lama ban harus diganti. Bahkan ada yang bilang kalau ban mobil sebaiknya diganti setiap 5 tahun sekali, walaupun masih belum botak, benarkah begitu?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan, usia ban yang melebihi lima tahun masih bisa digunakan, tetapi dengan syarat.

Baca juga: Penjualan SUV Murah Juli 2020, Suzuki XL7 Geser Toyota Rush

TWI ban mobilFathan TWI ban mobil

“Kalau kedalaman kembang ban masih tinggi, enggak ada kerusakan apa-apa, aman banget untuk digunakan, pakai saja tidak masalah,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Rabu (19/8/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi, pemilik kendaraan juga harus tetap merawat ban tersebut. Menjaga tekanan udara yang sesuai nomer satu yang harus diperhatikan, ingat beban yang dipikul mobil, kesetimbangan dan kelurusan roda selalu dijaga.

“Perlakuan pada ban eperti cek tekanan udara, kerusakan pada ban apa saja, misal sobek karena tertusuk benda tajam. Kemudian kalau bocor, cepat ditambal dengan tambalan yang benar,” kata Zulpata.

Baca juga: Mengapa Bus Lintas Sumatera Sering Terlihat Kotor?

Jika ada retak-retak halus pada bagian tapak, ban masih aman untuk digunakan, selama tidak dalam lukanya. Adanya retak itu juga karena gesekan dengan permukaan jalan, saat traksi, jadi enggak masalah.

“Retak halus pada tapak tidak berpotensi bocor halus, karena lapisan karet pada ban masih tebal. Jadi aman-aman saja dari kebocoran halus, selama enggak ada luka yang tembus sampai bocor,” kata dia.

Perlu diingat kembali, waktu yang tepat untuk mengganti ban yaitu saat tapak ban sudah sampai batas Tread Wear Indicator (TWI). Jadi mengganti ban bukanlah berdasarkan tahunnya, tetapi dari tingkat keasuan pada kembangan di tapak ban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.