Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya 40 Unit, Mini Rosewood Edition Mengaspal di Indonesia

Kompas.com - 19/08/2020, 17:51 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mini Indonesia kembali menambah jajaran produk edisi terbatasnya dengan meluncurkan Mini Rosewood Edition, Rabu (19/8/2020). Mobil ikonik asal Inggris ini tersedia secara eksklusif hanya 40 unit yang terdiri dari varian 3 Door dan 5 Door.

Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia, mengatakan peluncuran Mini Rosewood Edition menambah portolio Mini yang diluncurkan sepanjang 2020 dengan lebih dari tujuh model Mini dan total sembilan varian. Tahun ini pun cukup istimewa lantaran brand tersebut telah berusia 61 tahun.

"Meski berusia 61 tahun, namun Mini tetap hadirkan tampilan yang lebih muda dari sebelumnya. Terbukti dari berbagai model edisi spesial yang dihadirkan pada 2020 ini, hampir semuanya berfokus pada nilai individualisme dengan eksklusifitas tinggi, go-kart feeling dan tentunya keseruan berkendara khas Mini," kata Jodie dalam keterangan resminya, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Mengenal Alter Ego Mitsubishi Xpander Cross

Mini Rosewood Edition hadir dengan satu pilihan warna yakni Indian Summer Red yang sebelumnya hanya tersedia pada New Mini Clubman. Balutan warna tersebut terinspirasi dari ke hangatan musim panas di Inggris dan dihadirkan melalui profil individual serta sentuhan modern pada kendaraan kompak premium.

Mini Rosewood EditionMini Indonesia Mini Rosewood Edition

Bagian atap dan spion hadir dengan kelir Jet Black guna memberikan sentuhan kontras dengan warna utamanya. Agar terlihat elegan, beberapa kosmetik tambahan juga disertakan seperti trim lampu depan dan belakang, gril one-piece surround, gagang pintu, dan badge Mini yang dihadirkan melalui warna Piano Black.

"Warna eksteriornya yang mencolok mengarisbawahi karakter kendaraan yang progresif dan berorientasi pada lifestyle. Sementara pilihan trim premium menunjukkan keunggulan brand Mini dalam hal kustomisasi," kata Head of Mini Asia Kidd Yam.

Skema warna dari edisi khusus tersebut ditegaskan melalui motif garis-garis khas Rosewood yang terukir dalam warna Jet Black. Pada bagian eksterior, motif ini dapat ditemukan di scuttles samping, dimana setiap panel diproduksi melalui 3D printing dan teknologi laser untuk memastikan kualitas dan tingkat presisi yang tinggi.

Mini Rosewood EditionMini Indonesia Mini Rosewood Edition

Menciptakan proposisi yang menarik, warna utama juga dikombinasikan dengan penggunaan pelek ringan Cosmos Spoke berdimensi 17 inci yang dikelir senada dengan warna atap. Floating hub caps yang inovatif pada bagian roda tambahkan kesempurnaan mendetil, fitur tersebut memastikan bila logo Mini tetap horizontal saat mobil melaju di jalan.

Baca juga: Ajak Mini Countryman Terkencang Jalan-jalan, Mesinnya Intimidatif

Masuk ke ruang interior, logo Rosewood yang terproyeksi di lantai dan tanah seakan menyambut pengendara. Selain menjadi estetika, fitur tersebut juga mempermudah masuk dan keluar dengan menerangi rintangan seperti genangan air dan gundukan.

Mini mengklaim interior Rosewood Edition memiliki material berkualitas tinggi dengan finishing presisi. Panel dasbor 3D Printing berikan sentuhan elegan dengan motif garis-garis Rosewood yang terukir dalam warna Jet Black, yang seakan membuat keharminisan dengan desain roda kemudi berbungkus leather Mini Yours Walknappa.

Impresi mewah dilanjutkan dengan pelapis jok Leather Lounge Carbon Black, serta jok depan sport dengan motif Union Jack di sandaran kepala yang diaplikasikan dengan motif perforasi yang rapih.

Mini Rosewood EditionMini Indonesia Mini Rosewood Edition

Sistem Comfort Access memungkinkan pengemudi menikmati kemudahan membuka pintu dan bagasi serta menyalakan mesin tanpa harus mencari kunci di saku atau tas. Kamera mundur juga sudah terinstal yang dilengkapi fitur jalur lintasan dan putaran untuk kemudahan penggunaan, serta penanda rintangan sebagai panduan tambahan saat bermanuver di tempat parkir yang sempit.

Sistem rear parking distance control juga membantu memantau area sekitar melalui sensor ultrasonik, dan memancarkan sinyal peringatan akustik jika pengemudi terlalu dekat dengan mobil atau objek lain.

Mini Rosewood Edition hanya tersedia dalam varian Cooper S, yang mengusung mesin 2.000 cc TwinPower Turbo. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 192 tp dan torsi 280 Nm yang disalurkan ke bagian roda via transmisi Steptronic 7-percepatan dengan teknologi dual clutch.

Baca juga: Jiwa Sporty pada New Mini JCW Countryman

Pengemudi juga dapat memilih di antara tiga mode berkendara- MID untuk kenyamanan, SPORT untuk meningkatkan sensitivitas pedal throttle, dan GREEN untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.

Mini Rosewood EditionMini Indonesia Mini Rosewood Edition

Selain itu, transmisi Steptronic tersebut memungkinkan penggunaan fungsi coasting dalam mode MID dan GREEN dan dilengkapi dengan fungsi start/stop otomatis generasi terbaru. Tak lupa, cruise control dengan fungsi rem juga menjadi fitur standar pada edisi khusus Mini ini.

Untuk harga, Mini Rosewood Edition 3 Door dibanderol sebesar Rp 815 juta, sedangkan untuk versi 5 Door dipasarkan Rp 870 juta yang kedua masih berstatuskan harga off the road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com