Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Kenyamanan Bertualang ala Xpander Cross

Kompas.com - 19/08/2020, 10:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Puas mengulik soal desain eksterior, giliran mengupas ruang kabin beserta sebagian fitur yang ditawarkan interior Mitsubishi Xpander Cross.

Dari tampilan dasbor, hampir tak ada yang berbeda dengan Xpander biasa. Tata letaknya masih sama, tetapi dibalut dengan sentuhan yang lebih menawan bernuansa gelap, termasuk urusan lapisan jok.

Kesan elegan justru terlihat ketika dipadankan dengan beberapa ornamen yang berwarna silver. Mulai dari konsol tengah, bingkai audio, kisi-kisi pendingin udara, sampai pada bagian door trim.

Baca juga: Memulai Petualangan di Kenormalan Baru dengan Xpander Cross

Pengendara dimanjakan dengan posisi tempat duduk yang nyaman dan ruang kepala serta kaki yang lapang. Sedangkan pada lingkar kemudi, sudah tersedia tombol fungsi untuk pengaturan audio dan fitur cruise control.

Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Xpander Cross

Kesan ergonomis ditunjukan dengan kemudahan pengendara menjangkau beberapa fitur yang disediakan. Mulai dari head unit layar sentuh 7 inci, pendingin udara, sampai dual cup holder yang di konsol tengah.

Meski terkesan elegan, sayang dengan harga yang bisa dibilang tidak murah, Mitsubishi terasa masih tanggung memberikan sentuhan modern. Contohnya dari pendingin udara yang masih mengusung konsep manual dengan knob, sementara rivalnya rata-rata sudah digital.

Beralih ke baris kedua, bicara soal kenyamanan dan kelapangan, rasanya tak perlu diragukan lagi, apalagi dengan basis yang sama dengan Xpander. Ruang kaki dan kepala jauh dari kata sesak, penumpang dewasa masih bisa bersantai ketika menempuh perjalanan jauh dengan Xpander Cross.

Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Xpander Cross

Baca juga: Sensasi Type R di Tubuh Civic Hatchback RS

Saat ingin lebih santai atau mau menerapkan protokol kesehatan physical distancing pada era kenormalan baru, di baris kedua juga sudah disediakan arm rest, yang bisa memberikan jarak antarpenumpang. 

Untuk baris ketiga, secara kenyamanan akan lebih baik untuk anak kecil dibandingkan orang dewasa. Bila tak dibutuhkan, jok tinggal dilipat untuk menciptakan ruang bagasi yang lebih lapang dan mampu menampung ragam bawaan saat sedang berpetualang.

Penumpang tak perlu khawatir kehabisan daya gawainya saat menempuh perjalanan jauh, karena sudah tersedia power outlet yang diletakkan tepat di belakang jok baris kedua.

Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Xpander Cross
 

Sedangkan untuk menyimpan ragam bawaan, sudah disediakan ruang penyimpanan yang cukup banyak dan menyebar dari baris pertama hingga ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com