Berkendara Jarak Jauh Jangan Lupa Atur Tekanan Udara pada Ban

Kompas.com - 17/08/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi liburan SHUTTERSTOCKIlustrasi liburan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur panjang HUT ke-75 RI banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur atau pergi ke tempat wisata.

Melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi menjadi cara yang banyak dipilih untuk menghabiskan waktu liburan di tengah pandemi Covid-19.

Sebelum melakukan perjalanan, tentunya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar liburan bisa berjalan lancar tanpa adanya gangguan berarti.

Selain kondisi fisik dan perlengkapan yang dibutuhkan, melakukan pengecekan kondisi mobil juga menjadi hal yang tidak boleh diabaikan.

Baca juga: Mau Beli Mobil Bekas, Eks Taksi Bisa Jadi Alternatif

Tak hanya bagian mesin saja, tetapi juga bagian lain seperti mengecek tekanan udara pada ban juga perlu dilakukan. Meski terkesan sepele, tetapi tekanan udara bisa berdampak vital jika diabaikan begitu saja.

Ilustrasi cek tekanan udara pada banamericatop10.com Ilustrasi cek tekanan udara pada ban

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak sesuainya tekanan udara pada ban bisa mengganggu kenyamanan bahkan bisa menjadi penyebab pecah ban.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, menjaga tekanan ban bertujuan untuk memberikan kenyamanan serta memaksimalkan kinerja komponen lain seperti pengereman.

Setiap kendaraan mempunyai tekanan ban yang berbeda sesuai dengan berat dan beban yang diangkut oleh kendaraan tersebut.

Baca juga: Mobil Bekas Harga Belasan Juta Rupiah, Bisa Dapat Lancer hingga Accord

“Untuk kendaraan kosong tidak perlu tekanan udara yang tinggi agar tetap nyaman, tidak terlalu keras, keausan ban baik dan fungsi rem optimum,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Berbeda halnya saat kendaraan jika kendaraan membawa muatan penuh, maka tekanan udara ban juga harus disesuaikan. Dengan begitu maka ban bisa bekerja secara maksimal saat digunakan.

posisi stiker tekanan udara banKompas.com/Fathan Radityasani posisi stiker tekanan udara ban

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.