Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geliat Honda dan Yamaha di Bursa Lelang Motor Bekas

Kompas.com - 14/08/2020, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lelang bisa jadi pilihan jika ingin mencari sepeda motor bekas. Saat ini makin banyak balai lelang yang meniagakan motor bekas meski dari model mungkin masih terbatas.

Bady Qadarsyah, Operation Head Balai Lelang Asta Nara Jaya atau Auksi, mengatakan, saat ini Honda dan Yamaha merupakan dua merek yang mendominasi lelang motor.

"Salah satu kelebihan Honda, semua tipenya laku terjual seperti Beat, Vario dan PCX. Sedangkan untuk Yamaha hanya tipe-tipe tertentu saja yang laku seperti Nmax," kata Bady dalam video telekonferensi, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: Daftar Mobil Paling Diburu pada Bursa Lelang

Ilustrasi lelang motor bekashttps://www.motorplus-online.com/ Ilustrasi lelang motor bekas

Bady mengatakan, unit motor yang dilelang didapat dari pihak leasing alias motor tarikan. Kondisi tiap unit motor tidak sama, tingkat kerusakannya berbagai macam tapi maksimal ialah 30 persen.

"Kami tidak ada antisipasi bila ada komponen yang sudah tidak asli lagi (original), tetapi kami pasti memberitahukan keapda konsumen akan kondisi tersebut," katanya.

Karena itu, sangat penting melakukan pengecekan unit sebelum melakukan penawaran. Teliti saat lakukan pengecekan, dan jangan fokus pada satu unit saja tapi lihat juga motor lainnya.

Baca juga: Mengapa Pedagang Selalu Mendominasi Lelang Mobil?

Ilustrasi lelang motor bekasGridOto.com Ilustrasi lelang motor bekas

Bady mengakui, kekurangan lelang terutama lelang otomotif dibanding cara yang lain, yaitu barang yang dilelang dijual apa adanya alias tidak dilakukan perbaikan terlebih dahulu.

Hal ini yang juga menjadi tugas balai lelang untuk menjelaskannya kepada calon peserta lelang. Keterbukaan soal kondisi barang menjadi kunci agar calon peserta lelang mau ikut menawar.

"Tim akan menjawab detail tiap pertanyaan soal kondisi motor. Jika ada bekas tabrakan pasti akan dijawab apa adanya. Kita juga menerima motor rusak bekas tabrakan, harganya disesuaikan saat lelang," kata Bady.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com