Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tertipu, Kenali Ciri-ciri Aki Mobil Rekondisi

Kompas.com - 14/08/2020, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik kendaraan yang punya rencana mengganti aki mobil, harus sedikit lebih teliti ketika membeli. Sebab, banyak beredar aki rekondisi dijual secara bebas dan diklaim baru, sehingga bisa merugikan konsumen.

Agar tidak tertipu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi memberikan tips. Paling utama, jangan membeli aki di toko yang tidak terpercaya, misal sekaligus menawarkan tukar tambah.

“Sebaiknya beli atau ganti aki di toko yang sudah terpercaya. Kalau direkondisi itu, aki yang sudah lama diperbaiki lagi, lalu dibersihkan dan dijual lagi dengan harga yang setengah lebih murah,” ujar Didi kepada Kompas.com.

Baca juga: Jangan Pakai Helm Motocross buat Harian

Aki mobil basahSuparna Aki mobil basah

Ciri lain, lanjut Didi bisa dilihat dari terminal negatif dan positif. Apabila sudah ada goresan atau covernya mengembung dipastikan itu aki yang rekondisi. Faktor lain, bisa dilihat juga dari tampilan warna, terkadang sedikit kusam.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kaca Film Bisa Bikin Mobil Irit Bensin?

“Biasanya itu ciri-ciri utamanya, mau aki basah atau kering. Biasanya yang direkondisi aki basah konvensional bukan kering, karena aki kering jarang direkondisi,” katanya.

Tidak hanya itu, konsumen juga harus curiga apabila penjual hanya memberikan garansi sekitar satu atau tiga bulan. Sebab, jika membeli di tempat yang terpercaya atau aki baru diberikan garansi sekitar satu tahun.

“Memang tidak selalu seperti itu, tetapi kita sudah harus curiga jika kondisi aki tersebut sudah seperti yang saya sebutkan sebelumnya,” tutur Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com