Kompas.com - 13/08/2020, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lelang merupakan salah satu cara untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas. Hal ini tidak lepas dari banyaknya balai lelang yang mulai fokus di bidang otomotif.

Salah satunya ialah Balai Lelang Asta Natra Jaya atau Auksi. Balai lelang swasta yang sebelumnya bernama MPM Lelang ini, rutin melakukan lelang kendaraan bermotor sejak 2013. 

Auksi mengeluarkan daftar merek dan model mobil yang paling laris di bursa lelang. Daftar disusun berdasarkan merek yang dicari konsumen dan jumlah unit mobil yang berhasil terjual.

 Baca juga: 2 Cara Mengecek Kondisi Minyak Rem Sepeda Motor

Lelang mobil AuksiFoto: Istimewa Lelang mobil Auksi

Bady Qadarsyah, Operation Head Auksi, mengatakan, untuk merek mobil masih didominasi oleh pabrikan Jepang. Ada lima merek yang dominan, dan dua teratas ialah Toyota dan Daihatsu.

"Toyota 55 persen, Daihatsu 19 persen, Suzuki 7 persen, Mitsubishi 5 persen dan Nissan persen serta merek kendaraan lainnya sebanyak 9 persen," kata Bady dalam video telekonferensi, Rabu (12/8/2020).

Selain daftar merek, Auksi juga merilis model mobil apa saja yang paling laris di bursa lelang. Dua model tersebut yakni Toyota Avanza dan Innova. Pangsa pasarnya mencapai 30 persen dan 19 persen.

Baca juga: Rossi Sebut KTM Bakal Jadi Ancaman Yamaha di MotoGP Austria

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

Menariknya, Honda yang tidak masuk lima merek yang paling laris tapi masuk dalam daftar  ini. New Honda Mobilio berada  di urutan ke sembilan model mobil paling laku di bursa lelang.

"Avanza 30 persen, Innova 19 persen, Gran Max 12 persen, All New Xenia 5 persen, APV Luxury 5 persen, Rush 3 persen, New Ertiga 2 persen, Grand Livina 2 persen, New Mobilio 2 persen, Terios 2 persen dan lain-lain 18 persen," kata Bady.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.