Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2020, 09:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan mobil yang bebas masalah tentu menjadi dambaan setiap pemilik kendaraan. Guna mendapatkan mobil yang tidak rewel, baik pemilik mobil diesel maupun bensin harus rajin merawat mesin.

Khusus mesin diesel, perawatan dapat dimulai dari hal sederhana sebelum memulai perjalanan. Salah satunya adalah memanaskan mesin sebelum beranjak pergi, namun dengan catatan khusus.

“Kendaraan tidak perlu dipanaskan terlalu lama. Ini karena mesin diesel terbaru sudah memiliki pengaturan secara elektronik yang dapat menyesuaikan dengan kondisi mesin,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/8/2020).

Baca juga: Quartararo Tercepat di FP2 MotoGP Ceko, Tim Satelit Mendominasi

Mesin Diesel Kia Grand SedonaKOMPAS.com / Aditya Maulana Mesin Diesel Kia Grand Sedona

Memanaskan mesin diesel bisa dilakukan maksimal selama lima menit sebelum digunakan. Ini agar pelumas dapat dilindungi komponen mesin yang bergesekan. Berkat adanya sensor tambahan di perangkat mesin, suhu optimal bisa tercapai lebih cepat.

Baca juga: Jadi Bocenger yang Baik Agar Selamat di Perjalanan

“Jika terlalu lama bisa berakibat buruk. Salah satunya efek gas buang knalpot yang berbahaya untuk kesehatan, apalagi dilakukannya di dalam garasi rumah,” kata Didi.

Hanya dengan melakukan perlakuan sederhana ini, pemilik kendaraan diesel dapat terhindar permasalahan saat menggunakan kendaraan diperjalanan. Tidak lupa pengecekan pada beberapa bagian mesin secara berkala seperti ketinggian oli dan cairan pendingin mesin sesuai dengan standar pabrikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com