Cara Sederhana Merawat Mobil Bermesin Diesel

Kompas.com - 08/08/2020, 09:22 WIB
Ilustrasi Isuzu Panther GridOto.comIlustrasi Isuzu Panther

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan mobil yang bebas masalah tentu menjadi dambaan setiap pemilik kendaraan. Guna mendapatkan mobil yang tidak rewel, baik pemilik mobil diesel maupun bensin harus rajin merawat mesin.

Khusus mesin diesel, perawatan dapat dimulai dari hal sederhana sebelum memulai perjalanan. Salah satunya adalah memanaskan mesin sebelum beranjak pergi, namun dengan catatan khusus.

“Kendaraan tidak perlu dipanaskan terlalu lama. Ini karena mesin diesel terbaru sudah memiliki pengaturan secara elektronik yang dapat menyesuaikan dengan kondisi mesin,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/8/2020).

Baca juga: Quartararo Tercepat di FP2 MotoGP Ceko, Tim Satelit Mendominasi

Mesin Diesel Kia Grand SedonaKOMPAS.com / Aditya Maulana Mesin Diesel Kia Grand Sedona

Memanaskan mesin diesel bisa dilakukan maksimal selama lima menit sebelum digunakan. Ini agar pelumas dapat dilindungi komponen mesin yang bergesekan. Berkat adanya sensor tambahan di perangkat mesin, suhu optimal bisa tercapai lebih cepat.

Baca juga: Jadi Bocenger yang Baik Agar Selamat di Perjalanan

“Jika terlalu lama bisa berakibat buruk. Salah satunya efek gas buang knalpot yang berbahaya untuk kesehatan, apalagi dilakukannya di dalam garasi rumah,” kata Didi.

Hanya dengan melakukan perlakuan sederhana ini, pemilik kendaraan diesel dapat terhindar permasalahan saat menggunakan kendaraan diperjalanan. Tidak lupa pengecekan pada beberapa bagian mesin secara berkala seperti ketinggian oli dan cairan pendingin mesin sesuai dengan standar pabrikan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X